Pembelajaran Interaktif Articulate Storyliıne Berbasis Literasi Digital pada Materi Kimia
Abstract
Telah dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi articulate storyline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif articulate storyline pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran di kelas X SMA Negeri Pemana berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli materi dan validasi ahli media serta respon peserta didik, media yang dikembangkan diuji coba oleh 25 peserta didik. Media pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline pada mata pelajaran kimia materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X SMA Negeri Pemana memperoleh rata-rata nilai dari ahli media sebesar 85,34% dengan kategori sangat layak, dan ahli materi memperoleh rata-rata nilai sebesar 95,45% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran memperoleh rata-rata nilai sebesar 86,42% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data penelitian yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif articulate storyline berbasis literasi digital pada pembelajaran kimia kelas X SMA Negeri Pemana layak digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta