Mengembangkan Profesionalisme: Menjelajahi Praktik Guru dalam Pedagogi Melalui Systematic Literature Review
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali praktik guru dalam pedagogi sebagai upaya pengembangan profesionalisme guru melalui sistematis review literatur. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk melakukan tinjauan menyeluruh terhadap artikel-artikel dan hasil penelitian yang terpercaya guna mencari bukti klinis berbasis pada bukti (evidence-based) terkait masalah tersebut. SLR memungkinkan identifikasi, pemilihan, dan evaluasi kritis hasil penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian yang dirumuskan secara jelas. Penelitian ini melibatkan sistematis review literatur terhadap 10 artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah tentang praktik guru. Hasilnya menggambarkan temuan-temuan terkait profesionalisme guru melalui praktik guru dalam pedagogi. Selain itu, elemen-elemen kunci seperti pendidikan dan pelatihan guru, supervisi akademik, komunitas belajar kolaboratif, serta etika dan integritas guru juga dibahas dalam konteks meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan profesionalisme guru. Integrasi semua elemen ini dalam praktik pendidikan diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memberikan dampak positif pada hasil belajar siswa. Dengan mengutamakan pengembangan profesionalisme guru melalui berbagai pendekatan yang disebutkan di atas, pendidikan dapat menjadi lebih efektif dan relevan dalam mempersiapkan generasi mendatang.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta