Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) pada Materi Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana

Paulina Finsila Bopo, Erwin Prasetyo

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk, mengetahui kualitas dan mengetahui respon peserta didik serta keterlaksanaan terhadap buku petunjuk praktikum fisika berbasis POE (Predict, Observe, Explain). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model prosedural 4- D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop yang dibatasi pada uji terbatas dan keterlaksanaan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon peserta didik, Penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dengan 4 skala dan penilaian respon peserta didik menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan buku petunjuk praktikum fisika berbasis POE menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa buku petunjuk praktikum fisika berbasis POE untuk peserta didik kelas VIII A SMP Muhammadiyah Waipare. Kualitas buku petunjuk praktikum fisika berbasis POE yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru IPA adalah Baik (B) dengan rerata skor masing-masing sebesar 2,45; 2,53; dan 2,83. Respon peserta didik pada uji terbatas dan uji luas adalah Setuju (S) dengan rerata skor 2,54. Hasil uji keterlaksanaan buku petunjuk praktikum fisika berbasis POE berdasarkan pengamatan observer secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta