Kajian Etnomatematika pada Tenun Ikat Utan Dala Mawarani Khas Kabupaten Sikka

Magdalena Dhema, Mohammad Fitri, Agnesia Bergita Anomeisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etnomatematika pada tenun ikat Utan Dala Mawarani yang merupakan salah satu warisan budaya khas Kabupaten Sikka, serta mengeksplorasi bagaimana konsep-konsep matematis yang terdapat dalam tenun ikat ini dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Pendekatan kualitatif dengan metode etnografi digunakan untuk memahami pola, motif, dan teknik tenun yang melibatkan konsep-konsep matematis seperti simetri, geometri, dan aritmetika. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pengrajin tenun, serta dokumentasi proses pembuatan tenun ikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenun ikat Utan Dala Mawarani mengandung berbagai elemen matematis. Misalnya, motif tenun yang menggunakan pola simetris menunjukkan pemahaman intuitif tentang konsep refleksi dan rotasi. Selain itu, teknik pengaturan benang dalam tenun mencerminkan pemahaman tentang pola deret aritmetika dan geometri. Pemahaman ini dapat dijadikan sebagai media kontekstual dalam pembelajaran matematika di sekolah, khususnya untuk materi geometri dan pola bilangan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengintegrasian etnomatematika ke dalam kurikulum pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik. Dengan menggunakan tenun ikat sebagai media pembelajaran, siswa dapat melihat langsung aplikasi nyata dari konsep-konsep matematis, yang pada gilirannya dapat meningkatkan minat dan apresiasi peserta didik terhadap matematika dan budaya lokal. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang etnomatematika dan pendidikan matematika dengan menunjukkan bahwa warisan budaya lokal seperti tenun ikat tidak hanya memiliki nilai estetika dan historis, tetapi juga nilai edukatif yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut mencakup pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika dan uji coba implementasinya di kelas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta