Analisis Dampak Perilaku Perundungan Lisan Terhadap Peserta Didik ditinjau dari Sila Ke-2 Pancasila di SMP Negeri Moro

Angela Marici, Rodja Abdul Natsir, Mohamad Ishan Wahab

Abstract


Perilaku perundungan lisan (Bullying Verbal) bukanlah lagi menjadi fenomena baru dalam dunia pendidikan Indonesia, perilaku tersebut sering kali dialami oleh peserta didik baik itu sebagai pelaku maupun korban. Banyaknya kasus perundungan lisan tidak dapat terkuak atau diketahui karena pada umumnya perilaku ini dinilai menjadi sesuatu yang wajar dilakukan oleh sesama peserta didik. Dalam hal ini khususnya terjadi juga pada peserta didik SMP Negeri Moro perilaku perundungan lisan yang meliputi menghina bentuk fisik, perbedaan usia, jenis rambut, nama dan masih banyak hal lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak perilaku perundungan lisan terhadap peserta didik ditinjau dari sila-2 Pancasila di SMP Negeri Moro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui dampak perilaku perundungan lisan yaitu korban tidak bebas dan merasa tidak aman ketika berada di lingkungan sekolah, kebebasan dalam menyampaikan perasaannya pun direnggut, hal-hal seperti bebas untuk mengenali dirinya tidak dapat dirasakan oleh korban, karena mindset negatif yang diberikan pelaku terkait kepribadiannya menjadi sesuatu yang benar baginya, korban perilaku perundungan lisan juga tidak dapat mengasa  potensi yang dimilikinya di lingkungan sekolah tersebut. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi perilaku perundungan lisan yaitu menanamkan rasa kemanusiaan dan persaudaraan dengan contoh nyata dari pancasila yaitu gotong royong, menamakan kembali rasa percaya diri korban perilaku perundungan lisan dengan terus mendampingi korban dan memberikan perilaku positif yang membangun agar korban tidak merasa sendirian.

Full Text:

PDF

References


2008 Syahida Kurnia Dinda Khairinnisa and Christiana Elisabeth, “Studi Kasus Perundungan Verbal Siswa Pada Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Gender,” J. BK Unesa, vol. 11, pp. 274–287, 2020.

S. Rahmawati and E. Christiana, “Studi Kasus Kesadaran Peserta Didik SD Negeri Pelang Lor 1 Tentang Adanya Tindak Perundungan Verbal,” J. BK UNESA, vol. 11, no. 3, p. 263, 2020.

E. F. Pratiwi, S. S. Sa’aadah, D. A. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan melalui Nilai Pancasila dalam Menangani Kasus Bullying,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5472–5480, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1648.

R. Oktavia and S. F. Dewi, “Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 7 Padang,” J. Civ. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 81–86, 2021, doi: 10.24036/jce.v4i1.482.

A. Y. Ledita Ezy Maulany1, Rasimin2, “Dampak Perundungan (Bullying) Verbal terhadap Empati Korban pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi,” Ilm. Dikdaya, vol. 12, no. 1, pp. 195–201, 2022, doi: 10.33087/dikdaya.v12i1.291.

F. D. Fitrian, L. Loekmono, and S. Setyorini, “Menurunkan Perilaku Pelaku Perundungan Verbal Melalui Teknik Role Play Pada Siswa SMP Kristen 02 Salatiga,” Indones. J. Guid. Couns. Theory Appl., vol. 8, no. 2, pp. 91–95, 2019, doi: 10.15294/ijgc.v8i2.33561.

Y. Aulia, D. Dahlan, and H. M. Dahlan, “Improving student learning outcomes through the implementation of differentiated learning in a problem-based learning model,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 11, no. 1, pp. 36–53, 2024, doi: 10.33650.pjp.v11i1.6146.

R. Susanti, S. Kurniawan, and H. Tusadiyah, “Meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada materi perubahan sifat benda melalui metode eksperimen penelitian tindakan di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Mujawwidin kelas V,” el-Madib J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 1, no. 1, pp. 94–117, 2023.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta