Dampak Media Sosial terhadap Pelanggaran Nilai-Nilai Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah Wuring

Ahmadi Ahmadi, Rodja Abdul Natsir, Muhammad Ikhsan Wahab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apa saja dampak dari media sosial terhadap pelanggaran nilai-nilai karakter siswa dan untuk mengetahui bagaimana upaya mengatasi siswa yang melanggar nilai-nilai karakter. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer: kepala sekolah, guru dan siswa, data sekunder: data yang diperoleh dari jurnal dan artikel. Berdasarkan dari hasil penelitian terhadap dampak media sosial terhadap pelanggaran nilai-nilai karakter siswa di MTS Muhammadiyah Wuring maka dapat disimpulkan bahwa dampak media sosial  terhadap pelanggaran nilai-nilai karakter siswa, lebih banyak terlihat dampak negatif seperti siswa kurang dalam belajar, lebih banyak memainkan HP daripada membuka buku. Apalagi saat ini sistem dimana rata-rata siswa memang memiliki HP. Siswa juga kurang peduli terhadap lingkungan, tidak melihat kondisi lingkungan terkadang terbiasa berkumpul membahas hal-hal viral yang ada di media sosial. Bahkan berkumpul untuk membuat video bersama dan berjoget bersama. Siswa sekolah masih sangat rentan terpengaruh oleh lingkungan, belum lagi saat untuk siswa sebelum mampu membedakan yang mana yang baik dan yang buruk, sedangkan di dalam media sosial tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Para siswa sekarang lebih banyak menggunakan handphone dan banyak membicarakan hal-hal yang disebut viral di media sosial daripada membahas tentang pembelajaran. Siswa yang menggunakan media sosial sejak lama dengan tujuan hanya untuk mengisi waktu luang, bahkan buat hiburan bagi mereka apabila bosan setelah belajar. Bahkan media tidak pernah dijadikan sebagai media belajar, meskipun ada konten edukasi, mereka hanya melewatkannya saja, tidak mengikuti. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bagi masa depan anak, selain digunakan sebagai sarana hiburan tetapi banyak sekali unggahan-unggahan yang merusak nilai-nilai karakter dan perilaku anak. Hal ini tentunya diperlukan pengawasan bagi orang tua terhadap anaknya dalam penggunaan media sosial, agar karakter dalam diri anak terjaga bermoral, beretika serta berakhlak mulia.

Full Text:

PDF

References


A. T. Syauqi, “Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia,” Dep. Electr. Eng. Inf. Technol. , vol. 3, no. 2, pp. 1–4, 2016.

J. Marpaung, “Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan,” KOPASTA J. Progr. Stud. Bimbing. Konseling, vol. 5, no. 2, pp. 55–64, 2018, doi: 10.33373/kop.v5i2.1521.

H. S. Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis ICT. Kencana, 2018.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Eka Yeni Winantika, Budi Febriyanto, and Shopia Nida Utari, “Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital,” J. Lensa Pendas, vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2022, doi: 10.33222/jlp.v7i1.1689.

M. Madyan and A. Baidawi, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Anak Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 19,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 1, no. 3, pp. 126–134, 2021, doi: 10.37329/metta.v1i3.1481.

H. Mubaroq and Y. N. Hidayati, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo,” Populika, vol. 10, no. 2, pp. 54–61, 2022, doi: 10.37631/populika.v10i2.497.

M. Munirah and M. Mumtahanah, “Dampak Media Sosial Pada Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Distrik Maros,” Prosiding.Icaisunismuh.Org, vol. 2, no. 1, 2023, [Online]. Available: https://prosiding.icaisunismuh.org/index.php/2nd/article/view/141

M. Ismail, “Sosialisasi Sosialisasi Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Mitita J. Penelit., vol. 1, no. 2, pp. 62–70, 2023.

F. Fensi, “Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sma & Smk Bhinneka Tunggal Ika, Jakarta,” J. Pengabdi. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 2, pp. 82–88, 2020, doi: 10.30813/jpk.v4i2.2325.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta