Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan pengaruh pebisnis fashion online terhadap tingkat pendapatan pedagang fashion offline di kampung wuring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini berasal dari hasil buku, jurnal, literatur lainnya terkait dampak bisnis fashion online terhadap tingkat pendapatan pedagang fashion offline. perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan yang sangat besar dibidang penjualan fashion.dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, teknologi berkembang begitu pesat. Pasar online mulai hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai alternatif belanja. kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh online shop dan pedagang offline dapat mempengaruhi minat beli konsumen. Konsumen yang cenderung tidak ingin repot lebih memilih belanja di penjual fashion online, sedangkan konsumen yang terlalu takut dengan resiko belanja secara online lebih memilih berbelanja di pedagang fashion offline atau ke toko. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa pedagang fashion di kampung wuring dapat disimpulkan bahwa para pedagang offline di kampung wuring memandang bahwa jual beli online memang semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dengan kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya. Perihal tersebut juga berdampak pada usaha jualan mereka. Dampak yang dirasakan para pedagang akibat adanya belanja online yaitu pada penurunan jumlah pembeli dan pendapatan mereka per harinya dan para pedagang merasa kalah saing dengan pedagang online dari segi harga dan akses yang mudah.
References
] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2014.
M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative data analysis. Sage, 2013.
Y. Bertianovie and S. Leksono, “Dampak proses revitalisasi pasar tradisional terhadap peningkatan omzet pedagang (pada Pedagang di Pasar Gadang Lama Kota Malang),” J. Penelit. Pengkaj. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 1, pp. 45–53, 2023.
N. Malazaneti, G. Aji, and F. Rohmah, “Analisis Dampak Online Shop Terhadap Para Pedagang,” J. Sahmiyya, vol. 2, no. 2, pp. 376–384, 2023.
A. D. P. Pramono and F. P. Manayra, “Ngider : Aplikasi mobile tracking untuk perdagangan keliling berbasis android,” J. Energ. Youngsters, vol. 2, no. 1, pp. 63–70, 2024.