Pengembangan Media Animasi Berbantuan Powtoon di Era Pembelajaran Digital pada Materi Larutan Penyangga

Laila Gunidar, Nurhadyati Nurhadyati, Jayadin Jayadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada materi Larutan Penyangga kelas XI di SMA Negeri 2 Maumere. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada desain penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Maumere dengan jumlah 26 orang peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada materi Larutan Penyangga menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validitas pada media pembelajaran berbasis powtoon diperoleh persentase 89,17% dengan kategori valid; (2) hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh persentase 88% dengan kriteria sangat praktis; (3) hasil uji kepraktisan oleh peserta didik diperoleh persentase 88,79% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video animasi pembelajaran berbasis powtoon telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran kimia, khususnya pada Larutan Penyangga.

Full Text:

PDF

References


S. Arif and A. Muthoharoh, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19,” J. IPA & Pembelajaran IPA, vol. 5, no. 1, pp. 112–124, 2021, doi: 10.24815/jipi.v5i1.19779.

P. Sitepu and A. N. Pulungan, “Pengembangan Modul Elektronik Terintegrasi Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit,” J. Inov. Pembelajaran Kim., vol. 3, no. 2, p. 201, 2021, doi: 10.24114/jipk.v3i2.27076.

W. Fitriyani and N. Solihati, “The Effect of Powtoon-Based Audiovisual Media on Indonesian Language Learning Outcomes,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 148–154, 2022, doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.46996.

H. Hikmatiar, A. Jufriansah, and Jayadin, “Lobe Software’s Accuracy in Analyzing Human Facial Expressions,” Eng. Sci. Lett., vol. 2, no. 01, pp. 22–26, 2023, doi: 10.56741/esl.v2i01.288.

S. Yulando, S. Sutopo, and T. Franklin Chi, “Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning,” Am. J. Educ. Res., vol. 7, no. 10, pp. 694–698, 2019, doi: 10.12691/education-7-10-4.

A. Safitri and K. Kabiba, “Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 1, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i1.4139.

T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

M. S. Pratiwi, Zulherman, and G. Amirullah, “The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1783, no. 1, p. 12115, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1783/1/012115.

A. Feri and Z. Zulherman, “Development of nearpod-based e module on science material ‘energy and its changes’ to improve elementary school student learning achievement,” Int. J. Educ. Learn. Vol 3, No 2 August 2021, 2021, doi: 10.31763/ijele.v3i2.400.

B. R. Sitorus, “Microsoft Teams dalam Pembelajaran Matematika untuk Mewujudkan Merdeka Belajar,” Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : kampus merdeka meningkatkan kecerdasan sumberdaya manusia melalui interdispliner ilmu pengetahuan dan teknologi : Pontianak, 24 Agustus 2021. Untan Press, 2021. doi: 10.26418/pipt.2021.26.

C. J. Tekkay, U. Mulbar, and S. Sahid, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Materi Segiempat Kelas VII SMP,” Issues Math. Educ., vol. 6, no. 2, p. 148, 2022, doi: 10.35580/imed37516.

A. S. N. Rahman, M. Anwar, and M. Wijaya, “Pengembangan Media RatuChemWeb dalam Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik,” Chem. Educ. Rev., vol. 5, no. 1, p. 37, 2021, doi: 10.26858/cer.v5i1.26356.

D. Muliyati, A. Rodhiyah, and F. Bakri, “Animated video: Fun physics learning,” The 4th international conference on mathematics and science education (ICoMSE) 2020: Innovative Research in Science and Mathematics Education in The Disruptive Era. AIP Publishing, 2021. doi: 10.1063/5.0037465.

K. Resmol and M. Leasa, “The effect of learning cycle 5E+Powtoon on students’ motivation: The concept of animal metamorphosis,” JPBI (Jurnal Pendidik. Biol. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 121–128, 2022, doi: 10.22219/jpbi.v8i2.18540.

N. M. Yunus, Khaerati, and Rismawati, “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo,” J. Biog., vol. 8, no. 2, pp. 564–568, 2023, doi: 10.30605/biogenerasi.v8i2.2920.

I. Layyinnati and N. Wahidah, “Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi (kahoot) terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VII di MTS Muhammadiyah 06 Banyutengah tahun pelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 1–14, 2024, doi: 10.37286/ojs.v10i1.210.

Y. Ellyas Asmara, Wahyudi, and S. Sahari, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV Sekolah Dasar,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 97–107, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i1.1988.

T. N. Cholifah and W. N. Fauziah, “Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 14, no. 2, pp. 185–194, 2021, doi: 10.33369/pgsd.14.2.185-194.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta