Penggunaan Alat Peraga Keranjang Angka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDI Waioti

Ine Sanyati, Wahyuningsih Wahyuningsih, Wahyuningsih Wahyuningsih, Tanti Diyah Rahmawati, Tanti Diyah Rahmawati

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting. Matematika adalah bidang penelitian yang abstrak, dan objek pembelajaran matematika adalah benda-benda yang abstrak. Oleh sebab itu peserta didik perlu membayangkan konsep tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa objek matematika sulit untuk diamati dan dipahami melalui panca indera. Sebagian peserta didik yang masih menganggap pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit, khususnya pada tingkat sekolah dasar karena pada tingkat ini taraf berpikir mereka masih pada tahap operasional konkret, dimana kemampuan yang ditunjukkan pada tahap ini adalah kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika yang masih tetap terbatas pada objek yang nyata. Dengan demikian untuk mempelajari matematika yang bersifat abstrak, media yang digunakan agar peserta didik dapat memahami objek tersebut adalah media alat peraga. Alat peraga tersebut digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengurangi keabstrakan materi matematika saat mempelajari objek matematika. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Penggunaan  alat peraga keranjang angka dalam menentukan nilai tempat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SDI Waioti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga keranjang angka dalam menentukan nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata siklus 1 sebesar 64,71 menjadi 90,59 disiklus ke II.

Full Text:

PDF

References


B. Anomeisa and D. Ernaningsih, "Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan PowerPoint VBA Pada Penyajian Data Berkelompok," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, no. 1, pp. 17–31, 2020.

Hendriana and E. S. Wahyuningsih, "Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka," Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2019.

Y. Wildaniati, "Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd N 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu," Jurnal Dewantara, vol. 7, no. 1, pp. 56–72, 2019.

A. Muslimah, "Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Sumberbening 01 Balerejo," Jurnal Literasi Digital, vol. 2, no. 1, pp. 78–84, 2022. doi: 10.54065/jld.2.1.2022.135.

W. Mulyasari and F. P. N. Fahrozy, "Pemahaman Konsep Pada Nilai Tempat Di Sekolah Dasar," Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 6, no. 2, pp. 442–452, 2023. doi: 10.31949/jee.v 6i2.5295.

D. Anvrina and T. D. R. Wahyungsih, "Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Lisabet," Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 5, no. 2, pp. 132–139, Sep. 2022.

S. Sahrunayanti, M. Dema, and W. Wahyuningsih, "Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa," Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 3, no. 2, pp. 433–446, 2023. doi: 10.54082/jupin.182.

Sartika, S. Zainab, S. Bima, S. I. Rore, and C. Author, "Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar ISSN," El-Muhbib, vol. 6, no. 2, p. 130, 2022. doi: https://doi.org/10.52266/.

A. Yonalisa Padahala, F. Rakimin Husen, K. Marsalince Djaha, D. Lalang, F. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, and U. Tribuan Kalabahi, "Penggunaan Alat Peraga Konversi Satuan Panjang (Kosapa) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, vol. 2, no. 1, pp. 64–68, 2021. Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/12570.

Luju, W. Wahyuningsih, M. Dhema, and M. E. Rusdin, "Pengaruh Alat Peraga Mobil-Mobilan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMPN I Bola," AlphaMath: Journal of Mathematics Education, vol. 6, no. 2, p. 129, 2020. doi: 10.30595/alphamath.v6i2.7862.

A. Thef, "Penggunaan Alat Peraga Potongan Lidi pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SDK Puubheto," Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, vol. 7, no. 1, pp. 7–11, 2022.

K. S. Kuncoro Adi Saputro and S. Winarsi, "Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1735–1742, 2021. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/992.

N. Fitriah, W. D. Febriani, and F. F. Pratama, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Alat Peraga Papan Multifungsi," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, pp. 16904–16911, 2023.

Rahmawati, S. Nurul Aulia, S. Rosdiana, Y. I. Zaenah, and Z. Zaenudin, "Isu tentang Jumlah Siklus Penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas," Jurnal Kreativitas Mahasiswa, vol. 1, no. 1, pp. 76–84, 2023.

M. W. S. Adam and I. S. Rappang, "Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Menggunakan Computer Based Test di SMA Negeri 10 Sidrap," Journal on Education, vol. 6, no. 1, pp. 5560–5573, 2023.

T. Murdiyanto and Y. Mahatama, "Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar," Sarwahita, vol. 11, no. 1, pp. 38–43, 2014.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta