Dimensi Pembelajaran Multiliterasi Kurikulum Finlandia Berbasis Virtual Reality untuk Pendidikan di Indonesia

Nur Hidayah

Abstract


Dimensi pembelajaran multiliterasi adalah pengertian rinci atau bagian-bagian dari penerapan multiliterasi pada kurikulum Finlandia terkait multiliterasi. Teknologi VR adalah teknologi yang awalnya digunakan dalam persoalan mengenai internet, dunia digital, dan permainan virtual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah mengenai dimensi pembelajaran multiliterasi kurikulum Finlandia dengan penggunaan VR (Virtual Reality) pada pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi Pustaka. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan teori tentang penggunaan VR pada dimensi pembelajaran multiliterasi. Hasil dari penelitian ini adalah landasan teori tentang dimensi pembelajaran multiliterasi sesuai kurikulum Finlandia, VR (Virtual Reality), dan VR pada dimensi pembelajaran multiliterasi.

Full Text:

PDF

References


Y. Abidin, Pembelajaran Multiliterasi, 1st ed., D. Sumayyah, Ed. PT Refika Aditama, 2015. https://doi.org/10.1080/25741136.2021.1977769.

M. Nafi’a, D. Kuswandi, and A. Wedi, "Pengembangan Desain Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Tringo pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA," vol. 5, no. 4, pp. 349–358, 2023. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p349.

L. Palsa, P. Mertala, and L. Palsa, "Disciplinary contextualisation of transversal competence in Finnish local curricula: the case of multiliteracy, mathematics, and social studies," Education Inquiry, vol. 13, no. 2, pp. 226–247, 2022. https://doi.org/10.1080/20004508.2020.1855827.

H. H. Sukma, R. A. Sahila, and Y. Febrilia, "Pedagogical Competence of Elementary School Teachers in Multiliteracy Learning within Independent Curriculum," Paedagogia, vol. 27, no. 1, p. 38, 2024. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v27i1.84005.

N. Xi, J. Chen, F. Gama, H. Korkeila, and J. Hamari, "Acceptance of the metaverse: a laboratory experiment on augmented and virtual reality shopping," Internet Research, vol. 34, no. 7, pp. 82–117, 2024. https://doi.org/10.1108/INTR-05-2022-0334.

M. A. Bretos, S. Ibáñez-Sánchez, and C. Orús, "Applying virtual reality and augmented reality to the tourism experience: a comparative literature review," Spanish Journal of Marketing - ESIC, 2023. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2023-0052.

S. Kantun, "Penelitian Evaluatif Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan," 2021.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, "Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka," Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Nur Latifah, A. Marini, and A. Maksum, "Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka)," Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 6, no. 2, pp. 42–51, 2021. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.

A. A. Fayza and D. M. Nugraha, "Pengaruh Literasi Terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN," vol. 6, no. 229, pp. 57–65, 2021.

F. I. Dewi, S. Suntini, and I. Hamidah, "Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya," vol. 3, no. 1, pp. 127–132, 2023.

N. Amgott, "“The challenge was fun”: Critical literacy and growth mindset in L2 multiliteracies," System, vol. 113, p. 103000, Apr. 2022. https://doi.org/10.1016/j.system.2023.103000.

A. Rahmadani and J. H. Prayitno, "Model pembelajaran multiliterasi untuk mewujudkan keterampilan abad-21 pada mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar," 2023.

H. Gunawan, T. Tools, and K. B. Akademik, "Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara," vol. 1, pp. 38–50, 2019.

M. Kangas and P. Rasi, "Phenomenon-Based learning of multiliteracy in a Finnish upper secondary school," 2021. https://doi.org/10.1080/25741136.2021.1977769.

D. F. Lumenta, "Penggunaan Teknologi Virtual Reality Dalam Pendidikan Keperawatan Jiwa: Literature Review," Nursing Arts, vol. 15, no. 1, pp. 7–15, 2021. https://doi.org/10.36741/jna.v15i1.136.

N. Ratnaduhita, I. M. Putra, U. Asfari, Y. Sudianto, and B. I. A. Muttaqin, "Implementasi Virtual Reality Berbasis Foto 360o Untuk Memvisualisasikan Fasilitas Perguruan Tinggi Surabaya," Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 1, pp. 155–162, 2021. https://doi.org/10.29207/resti.v5i1.2759.

R. Rahmawati, F. Rahmawati, R. D. Putri, N. Nurdin, and Y. Rizal, "Pengembangan Virtual Reality dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan Mahasiswa untuk Menghadapi Pengenalan Lapangan Persekolahan," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 6, pp. 10016–10025, 2022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4178.

A. Shabir, "Ujicoba Penggunaan Teknologi Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 696–702, 2022.

F. Safar and N. A. Abdul Raman, "Pendidikan Interaktif: Penerokaan Virtual Reality (VR) Dalam Visualisasi Model Seni Bina," ANP Journal of Social Sciences and Humanities, vol. 2, no. 2, pp. 26–38, 2021. https://doi.org/10.53797/anpjssh.v2i2.4.2021.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta