Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian di Kalangan Masyarakat Wuring Kelurahan Wolomarang

Winda Winda, Nur Chotimah, Nurdin Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian online pakaian di kalangan masyarakat wuring kelurahan wolomarang Populasi dalam Penelitian ini yaitu Masyarakat Wuring Kelurahan Wolomarang yang berbelanja pakaian secara online. sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 96 orang, teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Hasil Penelitian ini Menunjukkan  Pengaruh variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana diperoleh Keputusan Pembelian = 17,770 +0,309(promosi). Pengujian hipotesis hasil perhitungan uji t diperoleh hasil thitung > ttabel 5,423 >1,661), yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukan bahwa koefisien determinasi (R Square) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar R2= 0,238 atau 23,8%. Maka,hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian online pakaian di kalangan masyarakat wuring kelurahan wolomarang.

Full Text:

PDF

References


F. Mansir and H. Purnomo, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul,” Abdimas Singkeru, vol. 1, no. 1, pp. 39-50., 2021.

G. Galang Toyyibah, A. Dwi Putra, A. T. Priandika, N. Penulis, K. : Gantar, and G. Toyyibah, “Rancang Bangun Aplikasi Web Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus : Lembaga Aliansi Indonesia Lampung Selatan),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 15–21, 2023.

A. T. Kurniawatik, K. Khaerunnisa, and T. Tasya, “Melek Information and Communications Technology (ICT) Pada Masyarakat Pedesaan Di Era Globalisasi,” Cebong J., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.35335/cebong.v1i1.3.

D. Septiansari and T. Handayani, “Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19,” J. Ekon. dan Manaj. Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 53–65, 2021, [Online]. Available: http://journal.lembagakita.org

A. Munadir, “Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural,” JPSD J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta, 2019.

R. Misnanto and B. Istiyanto, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Perempuan Di Surakarta),” J. Ekobis Dewantara, vol. 4, no. 2, pp. 78–88, 2021.

D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 38–51, 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i1.99.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta