Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran LOK-R Bermuatan Etnosains

Rizalul Fiqry, Agustinasari Agustinasari

Abstract


Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang harus dimiliki oleh semua orang dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengasah keterampilan berpikir kritis salah satunya yaitu penerapan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran LOK-R bermuatan etnosains. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menggali dan menganalisis data sesuai kondisi di lapangan. Subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika berjumlah 6 orang yang memprogram mata kuliah fisika dasar. Instrumen yang digunakan adalah soal keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan analisis secara persentase kuantitatif dengan pembahasan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran LOK-R bermuatan etnosains berdasarkan persentase klasikal yaitu 33% mahasiswa berada pada kriteria tinggi, 17% mahasiswa berada pada kriteria rendah dan 50% mahasiswa berada pada kriteria sangat rendah. Sedangkan ditinjau dari indikator keterampilan berpikir kritis disimpulkan bahwa: 1) memberikan penjelasan sederhana berada pada kriteria tinggi, 2) membangun keterampilan dasar berada pada kriteria rendah, 3) membuat simpulan berada pada kriteria sedang, 4) membuat penjelasan lebih lanjut berada pada kriteria rendah, 5) menentukan strategi dan taktik  untuk menyelesaikan masalah berada pada kriteria sangat rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa bahwa rata-rata keterampilan berpikir mahasiswa perlu ditingkatkan, perlu upaya sistematis dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Agustinasari, E. Susilawati, S. Yulianci, R. Fiqry, and G. Gunawan, “The Implementation of Inquiry by Using Local Potential to Improve Critical Thinking Skills in Bima,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1933, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1933/1/012078.

E. Susilawati, P. Siahaan, Agustinasari, S. Yulianci, and A. Samsudin, “Developing Physics Learning Module Based on Guided Inquiry (PLM-BGI) for Work and Energy,” vol. 456, no. Bicmst, pp. 172–175, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.201021.040.

S. Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” Semin. Nas. Pendidik. dengan tema “Isu-isu Strategy. Pembelajaran MIPA Abad 21, no. Desember, pp. 1–17, 2016.

R. H. Ennis, “The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Disposition and Abilities,” Sixth Int. Conf. Think. MIT, vol. 2013, pp. 1–8, 2015, [Online]. Available: http://criticalthinking.net/wp-content/uploads/2018/01/The-Nature-of-Critical-Thinking.pdf

M. Davut Gul and H. Akcay, “Structuring a new socioscientific issues (SSI) based instruction model: Impacts on pre-service science teachers’ (PSTs) critical thinking skills and dispositions,” Int. J. Res. Educ. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 141–159, 2020, doi: 10.46328/ijres.v6i1.785.

Y. Yuliana and I. Atmojo, “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21,” J. Basicedu, vol. 5, pp. 6034–6039, Nov. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1733.

D. A. Ginting, A. E. Fatimah, and A. Syafirna, “Sosialisasi Model Pembelajaran Literasi Orientasi Kolaborasi Refleksi (LOK-R) Pada Guru MIN 12 Langkat,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 9–14, 2022.

Q. Ayun, S. H. Hasasiyah, B. Subali, and P. Marwoto, “Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Tekanan Zat,” JPPS (Jurnal Penelitian. Pendidik. Sains), vol. 9, no. 2, pp. 1804–1811, 2020, doi: 10.26740/jpps.v9n2.p1804-1811.

Setyowati and B. Subali, “Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Viii,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 7, no. 2, pp. 89–96, 2011.

E. Susilawati and A. Agustinasari, “Implementasi Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal Untuk meningkatkan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika,” J. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, pp. 43–47, 2017.

E. Susilawati, A. Agustinasari, A. Samsudin, and P. Siahaan, “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 11–16, 2020, doi: 10.29303/jpft.v6i1.1453.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta