Pengaruh Pendapatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 8 di MTs Nur Wahid Gunung Sari

Hasmiana Restu Uwa Ina

Abstract


Keluarga dengan pendapatan rendah seringkali menghadapi kendala dalam memenuhi pendidikan anak-anaknya karena prioritas utama mereka adalah memenuhi kebutuhan pokok. Hal ini mengakibatkan alokasi dana untuk pendidikan menjadi sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Dengan  begitu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 8 Di MTS Nurwahid Gunung Sari. Menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas 8 MTS Nurwahid Gunung Sari. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa pendapatan orang tua tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang mengatakan  nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,335 dimana signifikansi 0,335 > 0.05. ini menunjukan bahwa ternyata pendapatan orang tua di sekolah MTS Nur Wahid Gunung Sari tidak ada pengaruh pada hasil belajar siswa – siswinya. Kemudian dilihat juga dari nilai R2 = 0,049 atau sebesar 4,9 % sedangkan sisanya sebesar 95,1 % disumbangkan variabel lain diluar dari penelitian, ini menunjukan bahwa kontribusi variabel pendapatan orang tua terhadap hasil belajar berkontribusi kecil. sehingga. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi pendapatan orang tua belum tentu hasil belajar anak ikut meningkat dan sebaliknya semakin rendah pendapatan orang tua belum tentu hasil belajar anak ikut menurun.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, "Pendapatan Daerah di Kabupaten Sikka," Nusa Tenggara Timur: Badan Pusat Statistik, 2020.

I. Indriani, et al., "Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan IPS SMAN 3 Kota Jambi," Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, vol. 3, no. 3, pp. 83-96, 2023.

Manung, et al., "Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen, vol. 3, 2019, pp. 563-568.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017, p. 8.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010, p. 199.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014, p. 261.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Pusat Universitas Diponegoro, 2011, p. 161.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta