Keterampilan Dasar Komunikasi Konseling Guru Kelas dalam Pelaksanaan Kegiatan Belajar di Sekolah Dasar

Siti Fatimahtun Zahra, Siti Muflihah, Ester Dakosta Manalu

Abstract


Peran sentral guru kelas di Sekolah Dasar (SD) sangatlah strategis, yaitu menjadi tumpuan tercapainya tujuan pembelajaran sekaligus menjadi penentu  pembentukan karakter siswa.  Perkembangan anak mulai usia 6 tahun hingga tiba saat individu matang secara seksual (usia siswa SD), sangat pesat baik secara fisik dan mentalnya, dan anak memerlukan penyesuaian pribadi dan sosial. Kedekatan personal antara guru dan siswa di SD merupakan hal yang penting dan menjadi cara utama untuk mencegah timbulnya masalah psikologis dan sosial siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menelaah kebutuhan penguatan peran guru kelas dalam menjalankan fungsi ke bimbingan dan konseling. Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan teori terkait perlunya penguatan peran guru kelas dalam menjalankan fungsi ke BK an. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peran guru kelas harus dikuatkan dalam aspek keterampilan penanganan masalah siswa di kelas. Implikasinya adalah difasilitasinya penguatan keterampilan dasar komunikasi konseling bagi guru kelas di SD.

Full Text:

PDF

References


Hurlock, B. Elizabeth (1980). Development Psychology: A Life-Sapan Approach. (Fifth Edition) McGraw-Hill, Inc. p.146

Permendikbud No.111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Lin, Y., & Chen, Y. H. (2016). Primary School Teachers’ Guidance Role and Competencies in Taiwan. International journal of education and social science, 3, 76–80.

Simuforosa, M., & Loveness, C. (2017). Counseling Needs Among Primary School Learners: The Role Of School Counsellor. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(6). DoI:10.14738/assrj.416.3155

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 974–980. (ISSN 2548-8201 (cetak); (ISSN 2580-0469 (online). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Ginting, R. L. (2020. Implementasi Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP Unimed. Vol. 4 (3) Juni 2020, hlm. 286-296 p-ISSN: 2548 – 8856 | e-ISSN: 2549 - 127X

Wulandari, M.D., Widyasari,Choiriyah & Nursalam. (2020). Peningkatan kualitas guru dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di SD/MI Muhammadiyah se-Solo Raya. Abdi Psikonomi, 1 (1), 1-8. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77

Lai-Yeung, S.Y. (2014). The Need for guidance and counseling training for teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 113, p. 36–43. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.008

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41–49. ISSN 2503-3417 (online) ISSN 2548-4311 (cetak). Available at https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss2/11

Rizqi, M., Suwandi, M.A., Rahmadi, dkk. (2022). Psikologi Pendidikan. Pradina Pustaka. Bandung. p. 6

Setiawan, A.M., Supriyadi, Arif., Putra, A.R.B., Nurochman,Heru., (2023). Pelatihan Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Konseling Bagi Guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Palangkaraya. Bijaksana Jurnal Pengabdian Masyarakat FKIP UM Palangkaraya.https://doi.org/10.33084/bijaksana.v1i1.5205

Nurhasanah., Nasution J.A., Nelissa, Zahra., Fitriani. Peranan Guru Kelas sebagai Pembimbing pada Siswa di Sekolah Dasar. (2021). Jurnal Suloh Volume 6 Nomor 1 hal.35-42. P-ISSN: 2407-5809; E-ISSN: 2714-5484. https://doi.org/10.24815/suloh.v6i1.23042

Anas, A., Iskandar, I., & Zulfiah, Z. (2018). Efektivitas Keterampilan Komunikasi Konselor terhadap Keterbukaan Diri Siswa di SMA Negeri 3 Parepare. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 8(2), 220-239. https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.635

Lukman., Hayadi, B.H., Yusuf, F.A., Juhriyah, Toyibah. (2024). Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik Di Sdn Grogol 1 Kota Cilegon. Jurnal Ekonomi Sinergi. Volume 8 No 2

Zahra, S.F., Sari, R.P., (2020). Development of Basic Communication Counseling Skills Video for PGSD Students of STKIP Muhammadiyah Manokwari.Volume 6 Nomor 1 June 2020 page 49-56. p-ISSN: 2443-2202 & e-ISSN: 2477-2518. https://doi.org/10.26858/jppk.v6i1.9870




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta