Identifikasi Kebudayaan Lokal Masyarakat Konawe Kepulauan Sebagai Bahan Ajar Muatan Lokal di Sekolah Dasar (SD)

Muh Alamsah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan ragam kebudayaan yang terdapat dalam lingkungan masyarakat Konawe Kepulauan dan menganalisis kebudayaan lokal yang relevan dan potensial untuk dijadikan bahan ajar dalam mata pelajaran muatan lokal di Sekolah Dasar (SD). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 8 kebudayaan dalam lingkungan masyarakat Konawe Kepulauan (KONKEP), yaitu 1) Tarian Molihi, 2) Tarian Pangaro, 3) Tarian Umo Ara, 4) Tarian Lulo, 5) Permainan Langgoa, 6) Permainan Langka Bido, 7) Meona Empe, dan 8) Ritual Mitula Bala. Setelah melakukan analisis pada budaya tersebut dengan menggunakan indikator muatan lokal untuk SD, diperoleh 7 budaya yang bisa dijadikan sebagai bahan ajar muatan lokal yaitu: 1) Tarian Molihi, 2) Tarian Pangaro, 3) Tarian Umo Ara, 4) Tarian Lulo, 5) Permainan Langgoa, 6) Permainan Langka Bido, dan 7) Meona Empe.

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, A. & Kurniawan, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Berbasis Muatan Lokal di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengembangan Kurikulum, 25(3), 98-112.

Fitria, A., & Wulandari, S. (2021). Integrasi Muatan Lokal dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 123-130.

Mardiyah, N., & Wahyuningsih, T. (2020). Penggunaan Budaya Lokal sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 212-225.

Ramadhan, S., & Mulyadi, A. (2021). Integrasi Kebudayaan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 89-98.

Wahyuni, R., & Anggraini, S. (2021). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran untuk Penguatan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 78-89.

Suharyanto, D., & Putra, Y. (2019). Metode Kualitatif dalam Penelitian Budaya Lokal untuk Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(4), 245-259.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Handayani, S. & Prasetyo, E. (2021). Pendekatan Wawancara Mendalam dalam Penelitian Budaya Lokal untuk Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 123-137.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Ristek




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta