Identifikasi Kebudayaan Lokal Masyarakat Konawe Kepulauan Sebagai Bahan Ajar Muatan Lokal di Sekolah Dasar (SD)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Prasetyo, A. & Kurniawan, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Berbasis Muatan Lokal di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengembangan Kurikulum, 25(3), 98-112.
Fitria, A., & Wulandari, S. (2021). Integrasi Muatan Lokal dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 123-130.
Mardiyah, N., & Wahyuningsih, T. (2020). Penggunaan Budaya Lokal sebagai Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 212-225.
Ramadhan, S., & Mulyadi, A. (2021). Integrasi Kebudayaan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 89-98.
Wahyuni, R., & Anggraini, S. (2021). Integrasi Budaya Lokal dalam Pembelajaran untuk Penguatan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 78-89.
Suharyanto, D., & Putra, Y. (2019). Metode Kualitatif dalam Penelitian Budaya Lokal untuk Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(4), 245-259.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Handayani, S. & Prasetyo, E. (2021). Pendekatan Wawancara Mendalam dalam Penelitian Budaya Lokal untuk Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 123-137.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Ristek
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta