Pengaruh Model Pjbl (Project-based Learning) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bangun Datar Matematika Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco

Meity Indriani, Meita Fitrianawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas IV dalam materi bangun datar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PJBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi bangun datar matematika di kelas IV SD Muhammadiyah Kleco. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif deskriptif dan menggunakan design quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Muhammadiyah Kleco dengan sampel kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan analisis secara deskriptif dan menggunakan uji statistik inferensial serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 81,95 dengan kategori baik dan untuk rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 80,40 dengan kategori cukup. Melalui model PJBL peserta didik lebih memahami konsep-konsep pembelajaran matematika terkhusus pada materi bangun datar. Artikel ini memberikan kontribusi positif dalam bidang pendidikan, terkhusus di tingkat sekolah dasar, dengan menyoroti pentingnya pemanfaatan model PJBL dalam meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik dalam pembelajaran matematika materi bangun datar. Metode ini tidak hanya membantu meningkatkan pemahaman matematika tetapi juga menginspirasi minat belajar yang lebih.


Full Text:

PDF

References


Universitas Pendidikan Indonesia, “Hakikat Matematika dan pembelajaran matematika di SD,” J. UOEH, vol. 18, no. 1, p. 99, 1996.

R. Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 6, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24853/fbc.6.1.1-8.

E. Santoso, “Penggunan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 ),” J. Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 1, pp. 16–29, 2017, [Online]. Available: jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/407/388%0A%0A

H. Hasriadi, “Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi,” J. Sinestesia, vol. 12, no. 1, pp. 136–151, 2022, [Online]. Available: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

D. Harefa et al., “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 1, p. 325, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

M. Mislinawati. and N. Nurmasyitah., “Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sd Negeri 62 Banda Aceh.,” J. Pesona Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 22–32, 2018, doi: 10.24815/pear.v6i2.12194.

P. Diana, I. Marethi, and A. S. Pamungkas, “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik,” SJME (Supremum J. Math. Educ., vol. 4, no. 1, p. 24, 2020, doi: 10.35706/sjme.v4i1.2033.

V. Aledya, “PADA SISWA,” no. May, 2019.

M. Fetra Bonita Sari, Risda Amini, “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,” vol. 5, no. 1, pp. 3(2), 524–532, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

K. Komarudin, L. Puspita, S. Suherman, and I. Fauziyyah, “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model,” Didakt. TAUHIDI J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, p. 43, 2020, doi: 10.30997/dt.v7i1.1898.

H. Ginanjar, T. Septiana, D. Ginanjar, S. Agustin, P. Studi PPKn, and S. PGRI Sukabumi, “Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-faktor Kunci dalam Proses Pembelajaran,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, pp. 5542–5548, 2021, [Online]. Available: https://www.iste.org/

M. M. S. Panjaitan and M. Sobri, “Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Kelas V Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia SDN Bangun Raya Huluan,” J. Millenial Educ., vol. 2, no. 1, pp. 73–88, 2023.

Sonia, Y. Kurniawan, and R. Muliyani, “a48B71257a899Fbe50E407B3C456C9C019D7Acb48Dc3064Fa289Ca679Db5De53,” J. Educ. Rev. Res., vol. 4, no. 1, pp. 14–19, 2021.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta