Pentingnya Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Nurzaima Nurzaima

Abstract


pentingnya manajemen strategis dalam meningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah literature, dengan mengumpulkan berbagai referensi artikel pendukung dari jurnal internasional dan nasional. Hasil kajian ini, dalam bentuk artikel, menggambarkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas pendidikan di sekolah yang dikelola dengan baik. Sekolah yang tidak ditunjang dengan proses manajemen yang baik dapat saja menimbulkan ritme organisasi yang tidak teratur sehingga gagal mencapai tujuan pendidikan dengan baik. Peningkatan kualitas pendidikan tentunya akan berdampak pada lulusan dari sekolah tersebut. Melalui manajemen strategis, peluang masa depan dapat diperluas dan risiko yang direalisasikan dapat diminimalkan. Manajemen strategis hanya dapat dicapai jika semua pihak yang berkepentingan langsung dengan sekolah, seperti administrator sekolah, orang tua siswa, dosen dan staf, terlibat.

Full Text:

PDF

References


Aulia, R. I. Pengaruh Manajemen Strategi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1578–1586. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.626 2021

Budio, S. Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64. http://jurnal.stai- yaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/163/133.2019

Hidayat, M. C., & Syam, A. R. Urgensitas perencanaan strategis dan pengelolaan sumber daya manusia madrasah era revolusi industri 4.0. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2100 (2020).

Iskandar, J. Penerapan Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.38 (2017).

Maria, R., & Hadiyanto, H.Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,3(5),20122024https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/742(2021). Nahrowi, M. (2014). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah.Falasifa, 8(1), 9–10. https://doi.org/10.36835/falasifa.v8i1.38 (2021).

Naution, A. A. Manajemen Strategik Dalam Pendidikan. Kalam Mulia, 8(9), 1–58. https://www.academia.edu/download/58033893/Manajemen_Strategik_MPI-1_Semester_V.pdf (2018).

Purnamawati. Analisis Kesiapan Kerja Siswa, Kualitas Pembelajaran dan Sarana Prasarana SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM, 2. (2020).

Sakdiah, H. Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1131(2022).

Sari, D., & Sudirman Perencanaan strategis Pendidikan dalam Budaya Organisasi Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi Publik, 6, 143–151. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/dia/article/view/%233417 . (2019).

Setiawati, F. Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Strategy Management to Improve the Quality of Education. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(1), 57–66.(2020). https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/31/37

Syoviana, E. Implementasi Perencanaan Strategis Organisasi dalam Rangka Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Sakinah, 3(2), 12–17. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index.php/JS/article/view/72 (2021).




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta