Niat Kewirausahaan pada Generasi Z: Menganalisis Peran Mediasi Sikap Kewirausahaan terhadap Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Digital, dan Efikasi Diri di Kota Kendari

Nisrina Hamid, Selvi Diliyanti Rizki, Muhammad Rizaldi Makmur

Abstract


Perubahan teknologi yang cepat dalam era globalisasi menjadikan kewirausahaan penting untuk kesejahteraan masyarakat. Namun, tingkat pengangguran di kalangan generasi Z di Indonesia masih tinggi. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat kewirausahaan generasi Z di Kota Kendari, khususnya peran mediasi sikap kewirausahaan terhadap pendidikan kewirausahaan, literasi digital, dan efikasi diri. Dengan pendekatan kuantitatif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM), sampel terdiri dari 130 responden. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan literasi digital berpengaruh negatif signifikan terhadap sikap kewirausahaan, sementara literasi digital tidak signifikan terhadap niat kewirausahaan. Sikap kewirausahaan berfungsi sebagai mediasi penuh antara pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap niat kewirausahaan, tetapi tidak antara literasi digital dan niat kewirausahaan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemangku kepentingan untuk merancang program yang mendukung kewirausahaan di kalangan generasi Z.

Full Text:

PDF

References


W. Khamimah, “Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia,” vol. 4, no. 3, pp. 228–240, 2021.

Fajriyah A. Karnowati N. B, “Pengaruh Viral Marketing Electronic Word of Mouth, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap Pengaruh Viral Marketing , Electronic Word Of Mouth , dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap,” 16th Univ. Res. Colloqium, pp. 98–112, 2022.

World Bank, “Global Entrepreneurship Monitor 2019/2020 Global Report,” 2020. [Online]. Available: https://www.gemconsortium.org/report/gem-2019-2020-global-report

M. Mustain, F. D. Murwani, and I. M. Mukhlis, “The Effect of Digital Literacy on Entrepreneurial Intention through Entrepreneurial Attitude,” Formosa J. Appl. Sci., vol. 2, no. 12, pp. 3361–3370, 2023, doi: 10.55927/fjas.v2i12.7066.

B. B. Purmono, “Enrichment: Journal of Management Entrepreneurial intention among generation z education self efficacy and attitude,” Enrich. J. Manag., vol. 13, no. 1, 2023.

M. Z. A. Logi Mulawarman, Bukran Bukran, Muhammad Taufik, “Analisis Niat Berwirausaha Pada Generasi Z: Sebuah Studi Di Kota Mataram,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 1, no. 4, pp. 236–242, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.572349/neraca.v1i2.163%0Ahttps://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/163

G. Nabi and R. Holden, “Graduate entrepreneurship: Intentions, education and training,” Educ. + Train., vol. 50, no. 7, pp. 545–551, 2008, doi: 10.1108/00400910810909018.

B. M. Mendenhall, W., Beaver, R. J., & Beaver, Introduction to Statistics, 14th Editi. Cengage Learning., 2020.

M. Sarstedt, C. M. Ringle, and J. F. Hair, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling,” Handb. Mark. Res., no. November, pp. 587–632, 2021, doi: 10.1007/978-3-319-57413-4_15.

Hair et al., “A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). In International Journal of Research & Method in Education (Vol. 38, Issue 2). https://doi.org/10.1080/1743727x.2015.1005806,” 2017.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta