Upaya Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran Paragraf Melalui Model Pembelajaran CIRC pada Siswa Kelas V SD N Kembangputihan

Dian Siwi Nugraheni, Dian Artha Kusumaningtyas, Rumgayatri Rumgayatri, Mohammad Jailani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menentukan pokok pikiran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Hipotesis tindakan  adalah model  pembelajaran  CIRC  dapat meningkatkan kemampuan dalam menentukan  pokok  pikiran  paragraf.  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran paragraf.  Peningkatan  tersebut  terlihat  dari  rata-rata  siklus  I  sebesar  60,52  dan meningkat pada siklus II sebesar 88,23. Hasil diatas diperkuat dengan hasil observasi kegiatan pembelajaran. Persentase siklus I sebesar 64,9% dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II sebesar 88,23 dalam kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


K. Membaca, K. Dasar, B. Indonesia, K. Neurolinguistik, and M. H. Maharani, “Kemampuan membaca kalimat dasar bahasa indonesia penderita disleksia di sekolah kidz smile medan : kajian neurolinguistik skripsi,” 2020.

M. H. Arsyad, “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa,” Shaut al Arab., vol. 7, no. 1, p. 13, 2019, doi: 10.24252/saa.v1i1.8269.

R. Ramadhan, “Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru di Zaman Digital,” J. Ilmu Pendidik., pp. 523–537, 2020.

M. Jailani, “Developing Arabic Media Based on Brain-Based Learning: Improving Mufrodat in School,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 6, no. 2, pp. 349–361, 2021, doi: 10.24042/tadris.v6i2.9921.

M. Jailani and D. Perawironegoro, “Neuroscience Media in Arabic Teaching : Fun and Easy for Students Media Neuroscience Dalam Pengajaran Bahasa Arab : Menyenangkan dan Mudah Bagi Siswa,” al Mahāra J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 7, no. 2, pp. 231–253, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1779/1/012008.1.

H. Fadilloh, N. Y. Rustaman, and Y. Sanjaya, “Designing a field trip: The role of multiple intelligence and scientific reasoning,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1806, no. 1, pp. 1–5, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1806/1/012149.

R. R. Diana, M. Chirzin, K. Bashori, F. M. Suud, and N. Z. Khairunnisa, “Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity,” Cakrawala Pendidik., vol. 40, no. 2, pp. 428–444, 2021, doi: 10.21831/cp.v40i2.39477.

R. Hidayati, A. Rahman, and Z. Nuryana, “Character education and the rise of mental health in Muhammadiyah Boarding School,” Int. J. Public Heal. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 170–178, 2022, doi: 10.11591/ijphs.v11i1.20889.

V. N. V, D. Banerjee, and T. S. Rao, “The Silent victims of the Pandemic: Children and adolescents during the COVID-19 crisis,” Compos. Part A Appl. Sci. Manuf., vol. 68, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024.

M. Hendayani, “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 2, p. 183, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i2.368.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

G. Marisa, S. Syaiful, and B. Hariyadi, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO,” J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 77–88, 2020.

W. Darmalaksana, Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan, vol. 1, no. 1. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Admin, “E-larning Quipper School Berbasis Teks,” Mari Belajar, 2020. https://bukuajar.com/e-learning-quipper-school-dalam-pembelajaran-berbasis-teks.html.

C. Hastasari, B. Setiawan, and S. Aw, “Students’ communication patterns of islamic boarding schools: the case of Students in Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta,” Heliyon, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e08824.

Ibrahim, “Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – a Match) Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan,” J. Ilmu Pendidik. Sos. sains, dan Hum., vol. 3, pp. 201–202, 2017.

F. L. Wang and D. Zou, “A review of vocabulary learning applications: From the aspects of cognitive approaches, multimedia input, learning materials, and game elements,” Knowl. Manag. E-Learning An Int. J., vol. 13, no. 3, pp. 250–272, 2021, doi: 10.34105/j.kmel.2021.13.014.

B. M. R. Bustam, Iswanto, M. L. Arqam, W. I. Juliani, and A. N. Khairi, “The Effectiveness of Fun Learning Approach in Arabic Learning,” J. Al Bayan Jur. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 13, no. 2, pp. 286–304, 2021, doi: 10.24042/albayan.v.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta