Transformasi Pendidikan Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional: Mengintegrasikan Nilai Lokal dalam Pembelajaran di TK

Zulaeni Esita, Muhammad Syukri Siradjuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi peran permainan tradisional dalam pendidikan anak usia dini dengan mengintegrasikan nilai-nilai lokal di Taman Kanak-Kanak. Permainan seperti simpai, mamini, bastangan, kengkeng, dan congklak lidi dianalisis untuk melihat pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif, motorik kasar, kecerdasan kinestetik, serta kemampuan sosial-emosional anak. Dengan metode kajian pustaka, penelitian ini menemukan bahwa permainan tradisional berdampak positif pada perkembangan anak usia dini. Simpai membantu meningkatkan kemampuan berpikir logis, mamini dan bastangan mendukung motorik kasar, sementara kengkeng mengasah kecerdasan kinestetik. Permainan congklak lidi berperan dalam pengembangan kemampuan sosial-emosional melalui kerja sama. Selain itu, permainan ini juga efektif dalam menginternalisasi nilai-nilai lokal seperti disiplin, empati, dan kerja sama, yang penting dalam pembentukan karakter anak.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan tradisional memiliki peran penting dalam pendidikan anak usia dini, tidak hanya untuk perkembangan fisik dan kognitif, tetapi juga dalam membentuk karakter sosial.

Full Text:

PDF

References


D. Damiana . “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Simpai pada Anak Kelompok B TK Kuncup Mekar Desa Batu Atas Barat, Batu Atas, Buton Selatan,” Skripsi (Tidak diterbitkan). PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. 2017.

I. O. Hairunnisa, “Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional Bastangan pada Anak Kelompok B di TK Cinta Damai, Taliabu Utara, Pulau Taliabu,” Skripsi (Tidak diterbitkan). PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. 2022.

N. Ningsih. “Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Permainan Tradisional Kengkeng di TK Tunas Muda Desa Puday, Wonggeduku, Konawe,” Skripsi (Tidak diterbitkan). PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. 2022.

A. Anita. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Permainan Tradisional Mamini pada Kelompok B di TK Kapita, Desa Tontonunu, Bombana,” Skripsi (Tidak diterbitkan). PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. 2024.

M. Roza, T. Hariyati, S. Afifatun, and M. Sajdah, “Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di TK ABA VI Sukajadi Kecamatan Abung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021,” Al Jayyid J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 20–38, 2023.

F. Ferasinta, P. Padila, and R. Anggita, “Menilai Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lompat Tali,” J. Kesmas Asclepius, vol. 4, no. 2, pp. 75–80, 2022, doi: 10.31539/jka.v4i2.4478.

Y. T. Andini, M. A. Syamsudin, and F. Ulansari, “Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehat. dan Gizi Anak Usia Dini), vol. 3, no. 2, pp. 97–108, 2022, doi: 10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.97-108.

M. A. Anggraini, Y. Karyanto, and W. K. A.S, “Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Early Child. Care Educ., vol. 1, no. 1, p. 18, 2018, doi: 10.26555/jecce.v1i1.60.

R. N. Yusuf, “Menstimulus Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B TK Armawiyah 1.,” Agapedia J. PIAUD, vol. 6, no. 1, pp. 20-20., 2022.

M. Masriah, A. Nuraini, S. Sugiarti, S. Soleha, and S. Watini, “Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dengan Kegiatan Bermain Engklek di TK IT Al-Mufid,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 11, pp. 8481–8486, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i11.3145.

R. Anggita and F. Ferasinta, “Perkembangan Motorik Kasar pada Anak dengan Permainan Engklek,” J. ners Gener., vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2023.

Pratiwi, Kristanto, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B,” Journal.Upgris.Ac.Id, vol. 1, no. 1, pp. 18–39, 2015, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/513

A. M. Apriliani, Y. Yasbiati, and E. Elan, “Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya,” J. Paud Agapedia, vol. 3, no. 2, pp. 178–190, 2020, doi: 10.17509/jpa.v3i2.26680.

R. Rohayati and E. Budiarti, “Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 3, p. 1715, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.3.1715-1724.2022.

R. Hayati and D. Amalia, “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Dengan Permainan Tradisional Engklek Di Tk It Permata Sunnah Kota Banda Aceh,” Jim Paud), vol. 6, no. 4, pp. 49–58, 2021.

Iswinarti and D. R. Suminar, “Improving children’s problem-solving skills through javanese traditional games,” Cakrawala Pendidik., vol. 38, no. 3, pp. 578–589, 2019, doi: 10.21831/cp.v38i3.25331.

W. E. Lestari. “Meningkatkan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Tradisional Congklak Lidi pada Anak Kelompok B di TK Al Khairat, Laroenai, Bungku Selatan, Morowali,” Skripsi (Tidak diterbitkan). PG-PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. 2024.

N. najamuddin and M. A. Ashari, “Pengembangan Permainan Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Porkes, vol. 4, no. 2, pp. 134–139, 2021, doi: 10.29408/porkes.v4i2.4850.

L. Sayyidati and Rohita, “Pengembangan Permainan Gobak Sodor Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kecamatan Sekaran Lamongan,” PAUD Teratai, vol. 3, no. 3, pp. 1–5, 2014.

A. Karimah and S. N. A. M. Siti Nur Aini Menia, “Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor,” Atthufulah J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 29–33, 2021, doi: 10.35316/atthufulah.v2i1.1748.

D. R. Erwanda and P. Sutapa, “Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 3, pp. 3323–3334, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4562.

Yahman, &, and Rakhmawati, “Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Modifikasi Sebut Kata terhadap Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Surabaya,” J. Mhs., vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2019.

L. Erdiana, “Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak TK Kelompok B di Kecamatan Sidoarjo,” J. Pedagog., vol. 2, no. 3, pp. 9–17, 2016, [Online]. Available: https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengaruh+Permainan+Gobak+Sodor+Terhadap+Perkembangan+Motorik+Kasar+Dan+Sikap+Kooperatif+Anak+TK+Kelompok+B+Di+Kecamatan+Sidoarjo&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

T. Desi, K. Kartini, and I. Susilawati, “Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Pelangi,” Masa Keemasan J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 39–43, 2022, doi: 10.46368/mkjpaud.v2i1.737.

S. Sudarto, “Peningkatan keterampilan sosial melalui permainan gobak sodor,” JPPM (Jurnal Pendidik. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 5, no. 1, pp. 85–95, 2018, doi: 10.21831/jppm.v5i1.10374.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta