Peningkatan Literasi Numerasi Siswa SD Menggunakan Teaching at the Right Level

Miftakhuljanah Miftakhuljanah, Ika Maryani, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari asesmen awal yang menunjukkan bahwa peserta didik kelas VI A SD N Giwangan memiliki tingkat kemampuan literasi numerasi yang berbeda-beda pada mata pelajaran Matematika, dengan mayoritas memiliki kemampuan sedang. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat memfasilitasi perbedaan tingkat kemampuan sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran TaRL (Teaching at the Right Level). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SD N Giwangan yang berjumlah 30 peserta didik. Indikator kemampuan literasi numerasi menurut Sukmawati (2021) yakni: 1) menganalisis masalah, 2) memecahkan masalah, dan 3) menyimpulkan masalah yang berkaitan dengan angka dan simbol. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran TaRL (Teaching at the Right Level) dengan hasil peningkatan sebesar 6,7% dari tingkat kemampuan sedang menjadi tinggi setelah siklus 1. Dan mengalami peningkatan sebesar 10% dari tingkat kemampuan rendah-sedang menjadi tinggi setelah siklus 2.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2, 2024.

Kemendikbud. Mata Kuliah Inti Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 25, 2023.

Kemendikbud. Mata Kuliah Inti Prinsip Pengajaran dan Asesmen II. Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 11, 2023.

Kemendikbud. Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi. Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 43, 2022.

Kemendikbud. Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 5, 2022.

Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104, 2023.

Saputra, Nanda., et al., Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 1, 2021.

Sukmawati, L. Analisis Literasi Numerasi Melalui Penggunaan Media Lidimatika Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perkalian Kelas Iii Sd Negeri 1 Temon Tahun pelajaran 2020/2021. Pacitan: Stkip Pgri Pacitan, 2021.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta