Membangun Profesionalisme: Kajian tentang Praktik Pedagogis Guru

Hindun Yafa Chotijah, Dwi Sulisworo

Abstract


Profesionalisme guru dan praktik pedagogis yang efektif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana guru profesional, yang memiliki pengetahuan mendalam tentang mata pelajaran dan strategi pengajaran yang efektif, memotivasi siswa melalui metode yang menarik dan integrasi teknologi. Studi ini menekankan pentingnya pengembangan profesional berkelanjutan dan kolaborasi antar pendidik, sambil mengakui tantangan seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya waktu, dan sumber daya. Artikel ini juga membahas isu-isu terkini pasca pandemi COVID-19, seperti ketimpangan akses teknologi dan kolaborasi daring. Melalui analisis kualitatif terhadap literatur, artikel ini meninjau tema-tema utama: perancangan dan penyampaian pengajaran, strategi penilaian dan umpan balik, manajemen kelas, komunitas pembelajaran profesional, dan integrasi teknologi. Temuan menunjukkan bahwa perencanaan pelajaran yang terstruktur dengan baik, metode pengajaran yang dinamis, dan penilaian berbasis data oleh guru menciptakan lingkungan belajar yang positif yang mendorong keterlibatan siswa dan kesuksesan akademik. Pada akhirnya, artikel ini menekankan perlunya strategi berbasis bukti untuk mendukung guru dalam mempromosikan kesetaraan dan meningkatkan hasil pendidikan.Abstrak berbahasa Indonesia, maksimal 150 kata, terdiri dari Tujuan, Metode, Hasil, Implikasi Penelitian.

Full Text:

PDF

References


OECD, TALIS 2013 Results. 2014. [Online]. Available: http://www.oecd-ilibrary.org/education/talis-2013-results/developing-and-supporting-teachers_9789264196261-7-en

U. Rusilowati and W. Wahyudi, “The significance of educator certification in developing pedagogy, personality, social and professional competencies,” 2nd Soc. Hum. Res. …, 2020, [Online]. Available: https://www.atlantis-press.com/proceedings/sores-19/125935356

C. Pramana, D. Chamidah, S. Suyatno, F. Renadi, and S. Syaharuddin, “Strategies to Improved Education Quality in Indonesia: A Review,” Turkish Online J. Qual. Inq., vol. 12, no. 3, pp. 1977–1994, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/353299393

G. Satriawati, A. Mas’ud, G. Dwirahayu, J. A. Dahlan, and E. Cahya, “Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Microteaching Di Masa Pandemi Covid 19,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 8, no. 1, p. 73, 2022, doi: 10.24853/fbc.8.1.73-84.

L. Rahmawati, D. Juandi, and E. Nurlaelah, “Implementasi Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 3, p. 2002, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i3.5490.

J. G. Z. Mambu et al., “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 2689–2698, 2023.

D. E. Pamungkas and Sukarman, “Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 6, no. 3, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

N. W. Susanto and D. Hermina, “Peningkatan Daya Saing Sekolah Melalui Implementasi Platform Pendidikan Nasional Berbasis Teknologi di Indonesia,” Manag. Educ. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 2, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/moe/article/view/13578

M. N. Fauzi, “Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 4, p. 1661, 2023, doi: 10.35931/am.v7i4.2688.

S. Agarwal and J. S. Kaushik, “Student’s Perception of Online Learning during COVID Pandemic,” Indian J. Pediatr., vol. 87, no. 7, p. 554, 2020, doi: 10.1007/s12098-020-03327-7.

N. Pongsakdi, A. Kortelainen, and M. Veermans, “The impact of digital pedagogy training on in-service teachers’ attitudes towards digital technologies,” Educ. Inf. Technol., vol. 26, no. 5, pp. 5041–5054, 2021, doi: 10.1007/s10639-021-10439-w.

J. L. Ramos, A. A. P. Cattaneo, F. P. C. M. de Jong, and R. G. Espadeiro, “Pedagogical models for the facilitation of teacher professional development via video-supported collaborative learning. A review of the state of the art,” J. Res. Technol. Educ., vol. 54, no. 5, pp. 695–718, 2022, doi: 10.1080/15391523.2021.1911720.

E. Fonsén and T. Ukkonen-Mikkola, “Early childhood education teachers’ professional development towards pedagogical leadership,” Educ. Res., vol. 61, no. 2, pp. 181–196, 2019, doi: 10.1080/00131881.2019.1600377.

M. T. Tatto, “Professionalism in teaching and the role of teacher education,” Eur. J. Teach. Educ., vol. 44, no. 1, pp. 20–44, Jan. 2021, doi: 10.1080/02619768.2020.1849130.

S. Sims and H. Fletcher-Wood, “Identifying the characteristics of effective teacher professional development: a critical review,” Sch. Eff. Sch. …, 2021, doi: 10.1080/09243453.2020.1772841.

J. M. Fernández-Batanero, M. Montenegro-Rueda, J. Fernández-Cerero, and I. García-Martínez, “Digital competences for teacher professional development. Systematic review,” Eur. J. Teach. Educ., vol. 45, no. 4, pp. 513–531, 2022, doi: 10.1080/02619768.2020.1827389.

H. Zhang et al., “Investigating high school students’ perceptions and presences under VR learning environment,” Interact. Learn. Environ., vol. 28, no. 5, pp. 635–655, Apr. 2020, doi: 10.1080/10494820.2019.1709211.

I. C. Pratomo, T. Nurhuda, S. Soipah, and A. Noviantie, “Pengembangan Profesionalisme Guru dari Perspektif Pedagogik,” J. Basicedu, vol. 8, no. 3, pp. 2008–2014, 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i3.7541.

H. Dea, W. Cendana, and B. A. S. D. Daeli, “Penerapan Kompetensi Pedagogi Guru Abad 21 Dalam Pembelajaran Daring,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 2, pp. 172–178, 2021, doi: 10.37478/jpm.v2i2.954.

S. Tobón, L. G. Juárez-Hernández, S. R. Herrera-Meza, and C. Núñez, “Pedagogical practices: Design and validation of SOCME-10 rubric in teachers who have recently entered basic education,” Psicol. Educ., vol. 27, no. 2, pp. 155–165, 2021, doi: 10.5093/psed2021a13.

N. Illahi, “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial,” J. Asy-Syukriyyah, vol. 21, no. 1, pp. 1–20, 2020, doi: 10.36769/asy.v21i1.94.

D. Basri and D. Suryana, “Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1. pp. 709–718, 2023. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.4126.

S. S. Sabon, “PROBLEMATIK PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU DAN ALTERNATIF PEMENUHANNYA (Studi Kasus di Kota Depok Provinsi Jawa Barat),” J. Penelit. Kebijak. Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 27–44, 2020, doi: 10.24832/jpkp.v13i1.345.

Z. Maiza and N. Nurhafizah, “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2. p. 356, 2019. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.196.

S. Safrudin and Z. Sesmiarni, “Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Literasi Di Era Digital,” JKIP J. Kaji. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 43–53, 2022, [Online]. Available: http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

M. J. Putri Husma, S. Shaleh, and T. Handayani, “Profil Guru Profesional di Era Industri 5.0,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 2, p. 672, 2023, doi: 10.35931/am.v7i2.2053.

M. Mumayizah, N. Hamidah, P. F. Thenaya, and M. D. Wijayanti, “Penguatan Literasi dan Numerasi Menggunakan Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran di SD oleh Kampus Mengajar Angkatan 6,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 6, no. 3, pp. 320–326, 2023, doi: 10.20961/shes.v6i3.82366.

M. Fauzi, B. T. Utomo, R. Wiranata, and G. A. Likasari, “Peningkatan Profesionalisme Guru Sd Melalui Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Digital,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 6, pp. 11479–11484, 2023.

D. Mayer and M. Mills, “Professionalism and teacher education in Australia and England,” Eur. J. Teach. Educ., vol. 44, no. 1, pp. 45–61, Jan. 2021, doi: 10.1080/02619768.2020.1832987.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta