Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Materi Penjumlahan Pengurangan Melalui Model Pembelajaran Problem-based Learning Berbantu Media Pembelajaran Taku

Dinar Nurhayati Ramadhani, Ika Maryani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik peserta didik pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah kurang) di kelas 2A SD Negeri Giwangan. Kemampuan literasi numerasi peserta didik masih rendah, hal ini berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti laksanakan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran PBL (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah kurang) guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2A SD Negeri Giwangan yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, tes serta dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data persentase ketuntasan pra siklus sebesar 75%, siklus 1 79% dan siklus 2 89%. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL (PBL) berbantu media pembelajaran TAKU (Tambah Kurang) dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas 2A SD Negeri Giwangan.

Full Text:

PDF

References


Dwirahayu, G., & Hidayatullah, A. (2014). Pembelajaran matematika dengan problem-based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Jppm, 7(1), 96–104.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran PBL ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Nisa, A. C. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model PBL Berbantu Quizizz. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 310–317. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4459

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Widaningsih, R., Margo Irianto, D., & Yuniarti, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p9-16




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta