Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tala

Firdha Razak, Musdalifah Musdalifah, Muhammad Zaid

Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui gambaran kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Indikator kemampuan literasi numerasi yaitu (1) mampu menggunakan simbol dan angka; (2) mampu menganalisis informasi soal; dan (3) mampu memprediksi dan mengambil keputusan hasil penyelesaian soal.  Subjek penelitian berjumlah 3 subjek dan menggunakan instrumen lembar tes kemampuan literasi numerasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kemampuan literasi numerasi kategori tinggi dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi numerasi; (2) siswa kemampuan literasi numerasi kategori sedang hanya memenuhi indikator pertama dan indikator kedua, sedangkan indikator ketiga tidak terpenuhi; serta (3) siswa kemampuan literasi numerasi kategori rendah hanya memenuhi indikator kedua sedangkan indikator pertama dan ketiga tidak terpenuhi.

Full Text:

PDF

References


R. Erlyana, P. Nugraheni, D. yuzianah, “Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD”, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), vol.1, no. 2, pp. 194, 2023.

Kemendikbud, “Panduan Gerakan Literasi Nasional”, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017.

OECD, “Assessment and Analytical framework: Science, In Reading, Mathematic and Financial”, Paris: Interscience, 2015.

L. N. Khakima, S. F. A. Zahra, L. Marlina, and Z. Abdullah, “Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD”, Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 2021.

M. R. Mahmud, and I. M. Pratiwi, “Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur”, KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, PP. 69-88, 2019.

Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM). Pedagogika:Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 10(2), 318–327.

Kemendikbud Ristek, “Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar”, Direktorat Sekolah Dasar, 2021.

A. Khoirudin, R. D. Setyawati, and F. Nursyahida, “Profil Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 69–79, 2017.

B. A. Putri, D. P. Utomo, and Zukhrufurrohmah, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar”, JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), vol. 6, no. 2, pp. 141-153, 2021.

Firdaus, M. Nurdin, and M. Takdir, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 31-38, 2023.

D. Z. N. Fauzi, L. Herawati, and Y. Heryani, “Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Ditinaju dari Kecerdasan Logis Matematis”, Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, vol. 9, no. 2, pp. 50-56, 2023

I. Nurjanatin, G. Sugondo, and M. M. H. Manurung, “Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura”, Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 22-31, 2017.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta