Transformasi pembelajaran IPA melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek pada kegiatan budiksamber di MTs N 3 Bantul
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi pembelajaran IPA melalui penerapan Project-Based Learning (PjBL) dalam kegiatan budidaya ikan dan sayur dalam ember (Budiksamber) di MTsN 3 Bantul. Penelitian ini melibatkan kelas 9A yang terbagi dalam 10 kelompok, masing-masing terdiri dari 3 siswa, untuk mengevaluasi dampak PjBL terhadap minat belajar serta keterampilan wirausaha siswa. Desain penelitian menggunakan pra-eksperimen dengan angket minat belajar sebelum dan sesudah penerapan PjBL. Rata-rata skor minat belajar siswa meningkat dari 65 menjadi 78, dengan nilai t = 3,21 dan signifikansi 0,003. Setiap kelompok memanen kangkung dan lele, yang kemudian dijual kepada guru dan karyawan, sehingga siswa juga belajar tentang keterampilan wirausaha. Pengukuran pH air dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas budidaya. Hasil menunjukkan bahwa PjBL secara signifikan meningkatkan minat belajar, keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan wirausaha. PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pembelajaran IPA yang kontekstual.
Full Text:
PDFReferences
C. Saparinto, R. Susiana, "Panduan lengkap Budidaya Ikan dan Sayur dengan Sistem Aquaponik," Buku. 2021.
T. Widodo, AB Santosa, Sistem kendali proporsional kualitas air berupa pH dan suhu pada budidaya ikan lele berbasis IoT”. Jurnal edukasi. 2023.
P. Blumenfeld, "Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning," Educational Psychologist, vol. 26, no. 3-4, pp. 369-398, 1991
I. Yusika, T. Tundjai, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJbl) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa,” Jurnal Ilmiah Teknologi pendidikan. 2021.
IN Azizah, DB Widjayanti, “Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir, dan kepercayaan diri ,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Journal.uny.ac.id. 2021.
A. W. Santoso, Pembelajaran Berbasis Proyek: Implementasi di Sekolah Menengah, Yogyakarta: Andi Offset, 2018
J. Krajcik dan P. Blumenfeld, "Project-based learning," dalam The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, K. Sawyer, Ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2014, pp. 317-333.
M. B. Leon, "Assessing Students’ Learning and Skills Development in a Project-Based Learning Environment: A Case Study," Education Sciences, vol. 9, no. 2, pp. 80-92, 2019.
J. Krajcik and P. Blumenfeld, "Project-based learning," in The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, K. Sawyer, Ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2014, pp. 317-333.
M. B. Leon, "Assessing Students’ Learning and Skills Development in a Project-Based Learning Environment: A Case Study," Education Sciences, vol. 9, no. 2, pp. 80-92, 2019.
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta