Analisis Kebutuhan: Problematika Geometri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 PUNDONG

Padhila - Angraini, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kebutuhan peserta didik dan guru dalam pembelajaran matematika pada geometri yang berupa problematika pembelajaran geometri. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 PUNDONG. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Observasi dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung dengan berpedoman pada lembar observasi. Selanjutnya, wawancara dilakukan untuk mengetahui ketersediaan sumber belajar dan fasilitas yang berada di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga tipe kesulitan-kesulitan dalam bangun datar seperti mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, kesulitan dalam menggunakan rumus serta menentukan nilai, dan kesulitan dalam memahami soal cerita.

 


Full Text:

PDF (118-122)

References


Purwati, P., & Fatubun, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht). Journal Of Honai Math, 1(1), 34-46.

Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Journal Of Honai Math, 1(1), 47-55.

Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2019). Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa Melalui Analisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Elpsa Dan Implementasinya Di Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55-72.

Bainamus, P. M., Hartanto, H., & Abdullah, M. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Hibrid Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Curup Tengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16-24.

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(1).

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa Smk Pada Materi Pokok Geometri Dan Alternatif Pemecahannya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 97-104.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Syarifuddin, M. (2017). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri: Perbedaan Siswa Bertemperamen Choleric Dengan Melancholic. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 134-152.

Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom Dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111-133.

Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika, Aljabar, Statistika, Dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.