Kemampuan Operasi Hitung Siswa Tunagrahita Terhadap Siswa Kelas 2 SD

Laila Fatika Nuari, Suparman - Suparman

Abstract


Kemampuan berhitung yang meliputi penjumlahan, perkalian, dan pembagian sangat penting bagi siswa, khususnya tunagrahits. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat kemampuan siswa tunagrahita dalam melakukan operasi hitung, khususnya perkalian. Subjek penetian iini yaitu 1 siswa tunagrahita keas 7 SMP dan 23 siswa normal kelas 2 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengambilan data menggunakan wawancara dan tes. Soal tes yang digunakan pada keduanya sama, agar terlihat jelas kemampuan siswa pada masalah yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tunagrahita yang berusia 16 tahun memiliki kesulitan yang hampir sama dengan siswa SD berusia 8 tahun.


Full Text:

PDF (111-117)

References


Yeni E M 2017 Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 2 1

Watson S M R, Lopes J, Oliveira C, Judge S 2018 Error Patterns in Portuguese Students’ Addition and Subtraction Calculation Tasks: Implications for Teaching. Journal for Multicultural Education 12 67

Putri N D A, Salim A, dan Sunardi 2017 The Effectiveness of The Use of Course Review Horay (CRH) Methods to Improve Numeracy Division Skill of Children With Mild Mental Retardation in SLB Negeri Surakarta European Journal of Special Education Research 2 32

Thai L K, dan Yasin M H M 2016 Magic Finger Teaching Method in Learning Multiplication Facts among Deaf Students Journal of Education and Learning 5 40

Yorulmaz A dan Onal A 2017 Examination of the Views of Class Teachers Regarding the Errors Primary School Students Make in Four Operations I Universal Journal of Educational Research 5 1885

Sahbaz U dan Katlav S 2018 Effectiveness of Constant Time Delay Instruction with Error Correction in Teaching The Skill of Identifying The Numerals to Students with Intellectual Disability European Journal of Special Education Research 3 111

Prendergast M, Spassiani N A, dan Roche J 2017 Developing a Mathematics Module for Students with Intellectual Disability in Higher Education International Journal of Higher Education 6 169

Juliana dan Hao L C 2018 Effects of Using The Japanese Abacus Method Upon The Addition and Multiplication Performance of Grade 3 Indonesian Students International Journal of Indonesian Education and Teaching 2 47

Rahman E S A R, Shahrill M, Abbas N A, & Tan A 2017 Developing Students’ Mathematical Skills Involving Order of Operations International Journal of Research in Education and Science 3 373

Prabowo Y S 2015 Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Edukasi 3 909

Lestari S 2014 Pembelajaran Kontekstual Bermedia Objek Nyata pada Perkalian dan Pembagian untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Jurnal Pendidikan Sains 4 238

Cahyani E N & Huda A 2016 The Effect of The Scales Media Usage Toward Mastery of The Weight Measuring Concept for Student With Intellectual Disability Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa 3 98

Permatahati F D, Susanto S, & Kurniati D 2015 Analisis Proses Berpikir Siswa Tuna Grahita Ringan Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian di SMP Inklusi TPA Jember Jurnal Edukasi 21 27

Senjaya A J, Sudirman & Erly P S W 2017 Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah Journal of MEDIVES 11.

Garnida D 2016 Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi A Bandung PPPPTK TK dan PLB.

Yusuf A, Fitryasari P K & Nihayati H E 2015 Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa Jakarta Selatan Salemba Medika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.