Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Riana Julian, Suparman Suparman

Abstract


Abstract. Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah adalah kemampuan penting yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Pada pembelajaran matematika kelas IX kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah belum optimal dilaksanakan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh pembelajaran inkuiri dengan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik, (2) menguji apakah dengan menggunakan E-LKPD dengan pendekatan inkuiri dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif didukung wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP. Metode yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik (2) kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah menggunakan elektronik lembar kegiatan peserta didik dengan pendekatan metode.
Kata kunci: E-LKPD, berpikir kritis, pemecahan masalah, inkuiri


Full Text:

PDF (238-243)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.