Analisis kebutuhan E-LKPD penunjang model pembelajaran CTL untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa

Ganis Yoga Purnama, Suparman Suparman

Abstract


Kemampuan menganalisis peserta didik terhadap proses pemecahan masalah masih kurang di karenakan penggunaan bahan ajar yang tepat serta tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan analisis kebutuhan Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X SMK di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan  (Research  and Development)  yang memiliki tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi produk utama, uji coba lapangan dan revisi produk operasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, penyebaran soal dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standar kompetensi, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian kompetensi sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini memberikan beberapa hasil yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. CTL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Guru memerlukan E-LKPD yang sesuai dengan model CTL. E-LKPD yang sesuai dengan kemampuan berpikir kritis belum diterapkan sehingga guru memerlukan E-LKPD yang sesuai dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi SPLDV,  guru memerlukan E-LKPD yang berharap dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Disini peneliti juga akan mengembangkan pengembangan E-LKPD penunjang model CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Full Text:

PDF (55-62)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.