Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Aludin Gute, Suparman Suparman

Abstract


Abstrak. Komunikasi adalah bagian penting dari matematika dan pendidikan matematika. Media pembelajaran yang belum terintegrasi dengan baik akan berdampak pada tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebetuhan media pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dapat membantu untukĀ  mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah research and devolopment. Subjek peneltian adalah siswa SMK kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan observsi, wawancara, dan tes. Teknik pengumpulan data bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai model pembelajaran, media belajar, karakter siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan model pada model Miles dan Huberman. Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama, kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong masih rendah. Kedua, media dan model pembelajaran yang diterapkan belum menstimulus kemampuan komunikasi siswa. Ketiga, model pembelajaran PBL dapat membantu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penilitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis PBL dapat menstimulus perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata Kunci: Media interaktif, kemampuan komunikasi matematis, PBL


Full Text:

PDF (272-277)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.