Deskripsi E-LKPD Untuk Membangkitkan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Discovery Learning

Fachrul Rozi, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kritis di abad ini merupakan keterampilan yang harus dimiliki setiap
individu. Pendidikan merupakan salah satu tempat untuk menumbuhkan dan bahkan
mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Sumber belajar yang belum mengaitkanke
kemampuan berpikir kritis akan sedikit berpengaruh pada keberhasilan pencapaian
pembelajaran. Tujuan penelitian yang akan dicapai yaitu untuk memaparkan kebutuhaan
sumber belajar matematika yang berbasis model Guided Discovery Learning sehingga dapat
menumbuhkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik SMK Teknik Kelas XI. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan lembar observasi. Teknik
observasi akan dilakukan kepada guru matematika dan peserta didik di SMK Teknik guna
untuk memperoleh informasi terkait model pembelajaran, karakteristik peserta didik dan
kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama, masih tergolong
lemahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kedua, model pembelajaran yang sering
digunakan oleh guru matematika masih menggunakan model konvensional. Ketiga, bahan ajar
yang digunakan oleh guru matematika masih menggunakan buku paket dan dapat
membangkitkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Keempat, model pembelajaran
Guided Discovery Learning dapat membantu peserta didik untuk membangkitkan serta
mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Simpulannya adalah bahan ajar matematika
berbasis Guided Discovery Learning yang dapat membangkitkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik perlu untuk dilakukan pengembangan.


Full Text:

PDF (84-90)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.