Analisis kebutuhan E-LKPD untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning

Marfilinda Subekti, Suparman Suparman

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu MTs yang ada di kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII O. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang sumber belajar yang digunakan di sekolah yang bersangkutan. Metode wawancara untuk mengumpulkan informasi tentang kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan E-LKPD yang mampu menstimulus kemampuan berpikir kritis dan E-LKPD yang dapat digunakan dalam model pembelajaran discovery learning.


Full Text:

PDF (185-192)

References


Rasiman. 2015. Leveling of Critical Thinking Abilities of Students of Mathematics Education in Mathematical Problem Solving. Journal on Mathematics Education. Volume 6 Nomor 1.

Palinussa, Anderson L. 2013. Students’s Critical Mathematical. Thinking Skills and Character: Experiments for Junior High School Students throught Realistic Mathematics Education Culture-Based. Journal on Mathematics Education. Volume 4 Nomer 1.

Zetriuslite dan Wahyudin. 2018. Association among Mathematical Critical Thinking Skill, Communitatin, and Curiosity Attitude as The Impact of Problem-based Learning and Cognitive Conflict Strategy (PBLCCS) in Number Theory Course. Infinity: Journal of Mathematics Education. Volume 7 Nomor 1.

Yumiati dan Kusumah, Yaya S. 2019. Interaction between Students’ Learning and Early Mathematical Skills to Increase Mathematical Critical Thinking Skills. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 10 Nomer 1.

Listyotami, Mega Kusuma dan Sri Hastuti Noer. 2018. Discovery Learning to Develop Student Reflective Thinking Ability and Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 9 Nomer 1.

Wijayanti, Dian. 2016.

Rochani, Sri. 2016. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomer 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomor 1.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.