Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Suzi Yana, Suparman Suparman

Abstract


 

Abstract. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan dilaksanakannya Kurikulum 2013 dan merupakan salah satu kecakapan abad 21.  Bahan ajar yang baik seharusnya memfasilitasi guru melaksanakan tugas pokok pembelajaran di dalam kelas serta dapat meningkatkan kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar matematika berbasis Discovery Learning yang dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas SMP Kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, serta catatan lapangan. Observasi dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai model pembelajaran, karakteristik siswa. Kemampuan berpikir kritis diamati dengan menggunakan tes. Penelitian ini memiliki bebera hasil diantaranya kemampuan berpikir kritis, bahan ajar yang digunakan kuranng menstimulus kemampuan berpikir kritis, bahan ajar yang berbasis discovery learning yang dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan.

Kata kunci : Berpikir Kritis, Discovery Learning, Subject Spesifik Pedadogik,

 


Full Text:

PDF (91-97)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.