Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis CTL untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis

Nurul Hidayah, Suparman Suparman

Abstract


Belajar merupakan sebuah proses alami yang dilalui oleh manusia, baik yang dilakukan dengan cara langsung, maupun melalui penyampaian dari orang lain. Membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis saat ini merupakan tantangan bagi setiap pesertaa didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis bahan ajar berupa E-LKPD dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah salah satu MTs yang berada di Yogyakarta dan objek penelitian ini adalah berpikir kritis, pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), dan sumbber belajar berupa LKPD. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi danĀ  pedoman wawancara. Penelitian ini memberikan beberapa hasil, yaitu kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah. CTL merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-LKPD umtuk menstimulus kemampuan berpikir kritis belum ada. Penelitian ini dapat dikembangkan pada pengembangan E-LKPD berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa.

Full Text:

PDF (211-215)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.