Deskriptif Multmiedia Interaktif Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Menstimulus Kemampuan Komunikasi Matematis

ELFRIM MOKE SIWA SEKO, Suparman Suparman

Abstract


Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan siswa untuk mengekspresikan ide-ide dalam matematika, baik secara lisan, tertulis atau dalam bentuk bahasa, simbol, tabel, grafik, serta notasi-notasi matematika secara cermat. Melalui komunikasi juga, siswa dapat mengeksplorasi dan mengkonsilidasikan pemikiran atau ide-ide matematika dengan menggunakan bahasa yang sederhana karena pada dasarnya matematika merupakan bahasa persyaratan dengan menggunakan notasi dan konsep yang telah dibentuk.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media interaktif  yang sesuai dengan model pembelajaran kontekstual yang dapat menstimulus kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan penelitian meliputi  pra lapangan,  kegiatan lapangan dan analisa data. Subjek uji coba atau responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah adalah siswa-siswa SMPS Tanawawo kelas V11 di NTT. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan instrumen wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMPS Tananuwa masih tergolong rendah. Rendahnya komunikasi matematis siswa SMPS Tanawawo di NTT dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, sekolah tidak menyediakan media interaktif sebagai penunjang pembelajaran dan kurangnya kreatifitas guru dalam menghadirkan media interaktif. Oleh karena itu, peneliti mangajukan solusi penerapan Multimedia Interactive Berbasis Contextual Learning untuk Menstimulus Komunikasi Mathematis Siswa SMPS Tanawawo.


Full Text:

PDF (70-75)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.