EFFORTS TO INCREASE COMMUNICATION OF MATHEMATICS THROUGH E-LKPD FOR FLAT AND BUILDING MATERIALS APPROACH TO THE STAD TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL.

simona lydia, Suparman Suparman

Abstract


Abstract. Student centre meruapakan salah satu metode pembelajaran yang perlu diterapkan saat ini, karena guru berperan sebagai fasilitator bukan sebagai penceramah saja. Guru harus mampu membiasakan peserta didik untuk berkomunikasi. Satu embelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi antara guru dan peserta didik adalah dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu peneliti mengembangkan e-LKPD untuk materi Segitiga dengan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan komunikasi matematis peseta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan (ADDIE) dengan alur Analisis, Desain, Development (pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilakukan di SMPK Wolowaru Ende  dengan subyek sebanyak 23 orang yang terdiri dari 2 ahli, 1 guru mata pelajaran, dan 20 orang peserta didik. Validator, guru, dan peserta didik diberikan angket untuk melihat kualitas dari e-LKPD dan juga diikuti dengan pemberian tes dari e-LKPD yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh baik untuk digunakan dan peserta didik dapat termotivasi serta tertarik menggunakan produk e-LKPD. Peserta  didik juga lebih semangat dalam belajar karena mereka dapat bekerja sama dalam kelompok, saling bertukar pendapat antara teman, dan pesera didik juga menjadi tidak malu untuk mengungkapkan pendapatnya pada guru saat mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas.

 


Full Text:

PDF (253-258)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.