Analisis Kebutuhan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menstimulus Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas X SMK

Janti Ikawati, Suparman Suparman

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu fokus dari Keterampilan abad 21 yang tercantum dalam kurikulum 2013. Perangkat Pembelajaran yang baik seharusnya mampu memfasilitasi guru untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar di dalam kelas serta dapat menstimulus keterampilan siswa seperti yang disebutkan dalam kurikulum 2013, perangkat pembelajaran tersebut diharapkan bersesuaian satu sama lain, maka diwujudkan dalam bentuk SSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan SSP Matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat menstimulus kemampuan memecahkan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Siswa kelas X SMK. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi kelas, angket, dan tes dengan soal uraian yang mampu merepresentasikan kemampuan memecahkan masalah. Wawancara dilakukan kepada siswa mengenai kemampuan menyelesaikan soal yang diperinci dengan angket. Observasi dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai model pembelajaran. Penelitian ini memiliki beberapa hasil, yaitu (1) kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk kategori rendah, (2) ) model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang digunakan kurang menstimulus kemampuan memecahkan masalah siswa, (3) model pembelajaran Problem Based Learning dapat menstimulus kemampuan memecahkan masalah siswa. Sehingga dari penelitian ini, diambil suatu kesimpulan bahwa perlu dikembangkan suatu perangkat pembelajaran yang saling bersesuaian antara Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Pedoman Penilaian (digabung dalam suatu SSP) berbasis Problem Based Learning untuk menstimulus kemampuan pemecahan masalah siswa.


Full Text:

PDF (49-54)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.