Analisis Kebutuhan E- Math Comic untuk menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis

Danty Rahmasantika, Suparman Suparman

Abstract


Abstract. Berpikir kritis adalah suatu proses keterampilan berpikir secara efektif guna membuat suatu keputusan dengan mengumpulkan, menafsirkan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi dengan data dan/ atau asumsi, serta mengaplikasikan keputusan sesuai dengan apa yang dipercaya. Terdapat lima indikator berpikir kritis, yaitu 1) menemukan hubungan, siswa menrekontruksikan elemen-elemen dan menghubungkan ke dalam solusi, 2) menganalisis data, siswa merumuskan dan mengambil keputusan dari pokok-pokok permasalahan, 3) menganalisis elemen, siswa mengidentifikasi unsur yang terkandung dalam suatu hubungan, 4) menganalisis hubungan, siswa memeriksa hubungan dan interaksi antara permasalahan kemudian membuat kesimpulan, 5) mengkritik bukti, siswa mengungkapkan menggunakan data/ definisi/ teorema dalam menyelesaikan masalah, 6) memecahkan masalah, siswa mengevaluasi argumen yang relevan dalam penyelesaian suatu masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan pembelajaran RMT yang dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis dilakukan dari segi kurikulum, karakteristik siswa,  dan karakteristik sumber belajar.

 

Kata-Kata Kunci: E-math comic, rigourus mathematics thinking, kemampuan berpikir kritis.


Full Text:

PDF (198-204)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.