ANALISIS KEBUTUHAN E-BOOK UNTUK MENSTIMULASI BERPIKIR KREATIF

Sagita Dyah Putranti, Suparman Suparman

Abstract


Ketrampilan berpikir kreatif merupakan kecakapan abad 21. Keterbatasan sumber belajar yang memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kreatif. Sumber belajar yang ada hanya menerapkan ketrampilan berpikir kritis dan tidak menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sumber belajar dengan model pembelajaran, materi, karateristik peserta didik, kurikulum, dan mengidentifikasi indikator berpikir kreatif yang dapat ditanamkan dalam sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 14 peserta didik kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Pundong. Analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kompetensi dasar dan kompetensi inti meliputi pengetahuan dan ketrampilan mengenai persamaan kuadrat, karakter siswa antara lain minat dan motivasi terhadap belajar masih kurang serta kreatifitas terhadap suatu masalah masih perlu bimbingan, buku (e-book) yang tersedia belum sesuai dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), buku (e-book) yang tersedia belum memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mengembangkan berpikir kritis saja, dan buku (e-book) yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) perlu didesain dan dikembangkanahan.

Keyword: E-book, Problem Based Learning, berpikir kreatif


Full Text:

PDF (42-48)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.