Analisis Kebutuhan LKS Berbasis Problem Based Learning untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Gendis Ayuwandari, Andriyani Andriyani, Endah Kusumawati

Abstract


Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa, mengidentifikasi masalah pembelajaran yang dihadapi oleh siswa dan menganalisis kesesuaian bahan ajar dengan silabus. Penelitian ini menggunakaan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Data mengenai sumber belajar dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi pada guru dan siswa. Data mengenai kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan cara wawancara dan soal pada siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesulitan siswa dapat disimpulkan bahwa siswa bosan dalam pembelajaran karena belum adanya bahan ajar yang sesuai dan siswa banyak menghafal pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan KI, KD dan IPK tetapi tidak sesuai dengan karakteristik siswa sehingga sulit dipahami dibutuhkan bahan ajar matematika yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pendekatan yang digunakan mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF (259-263)

References


Wijaya E Y dkk 2016 Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 26 pp 263-278

Wijaya A 2015 Peran Cendekia dalam Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kecakapan Abad 21 In Seminar Nasional HIMADIKA IKIP PGRI Madiun

Arifin Z 2017 Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21 Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Siswono T Y E 2007 Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Jurnal Unej

Purnomo D J, Asikin M & Junaedi I 2015 Tingkat Berpikir Kreatif pada Geometri Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Setting Problem Based Learning Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Sugilar H 2013 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif Infinity Journal, 2(2) pp 156-168

Khoiri W, Rochmad R & Cahyono A N 2013 Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Unnes Journal of Mathematics Education 2(1).

Abdurrozak R dan Jayadinata A K 2016 Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Jurnal Pena Ilmiah, 1(1) pp 871-880

Murtiyasa B 2016 Isu-Isu Kunci dan Tren Penelitian Pendidikan Matematika

Etrina E, Anriani N & Fathurrohman M 2018 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21 In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar

Purnomo D 2012 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Berpikir AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1).

Prastowo A 2014 Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Hidayat A & Irawan I 2017 Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2) pp 51-63

Nyamupangedengu E & Lelliott A 2012 An Exploration of Learners’ Use of Worksheets During a Science Museum Visit African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 16(1) pp 82-99

Haryonik Y & Bhakti Y B 2018 Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1) pp 40-55

Noviyanti E 2014 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMA Kelas XI BioEdu, 3(1)

Fahrudin F A 2017 Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1) pp 41-48

Murtikusuma R P 2017 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Model Problem Based Learning untuk SMK Perkebunan Bertemakan Kopi dan Kakao Pancaran Pendidikan, 5(4) pp 51-60

Rahmadani N & Anugraheni I 2017 Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3) 241-250

Sugiyono 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Miles Mattew B & A. Michael Huberman 1984 Qualitative Data Analysis (London: Sage Publication, 1984)

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Limardani G 2015 Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Teori pemahaman Skemp pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 4 Jember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.