Analisis Kebutuhan Modul Aljabar Berbasis Problem Based Learning Untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah

annisa sulistyaningsih, Andriyani Andriyani

Abstract


. Dalam proses pembelajaran abad 21, bahan ajar memiliki peranan penting untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Bahan ajar cetak pada Kurikulum 2013 dari Dinas Pendidikan memiliki keterbatasan dalam menyajikan ilustrasi yang dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dapat menstimulasi  kemampuan  pemecahan masalah siswa, mengidentifikasi masalah pembelajaran yang dihadapi oleh siswa dan menganalisis kesesuaian bahan ajar dengan silabus. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Depok. Data mengenai sumber belajar dikumpulkan dengan cara wawancara serta observasi pada guru dan siswa. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan dengan cara wawancara dan soal pada siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi tetapi tidak sesuai kebutuhan siswa sehingga sulit dipahami; dibutuhkan bahan ajar yang dapat menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada siswa; guru serta siswa membutuhkan bahan ajar matematika yang sesuai kebutuhan siswa;  dan metode yang digunakan mampu membuat siswa aktif yaitu problem based learning.


Full Text:

PDF (98-104)

References


Yarmayani A 2016 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi Jurnal Ilmiah DIKDAYA.

Branca N A 1980 Problem Solving as A Goal, Process, and Basic Skill. In. S. Krulik & R. E. Reys (Eds) Problem Solving in School Mathematics (Washington, DC: NCTM)

NCTM 2000 Principles and Standards for School Mathematics (USA : NCTM)

Runtukahu T and Kandou S 2014 Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Ulya H 2016 Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 2, No. 1.

Mullis I V S, Martin M O, Foy P, Arora A 2012 TIMSS 2011 International Results in Mathematics (Boston: Lynch School of Education)

Fatimah A E 2016 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Tim LRN 2004 1001 Math Problems (New York: Laerning Express)

Saputro B A, Suryadi D, Rosianuardi R, Kartasasmita B G 2018 Analysis of students’ error in responding to TIMSS domain algebra problem Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 012031.

Astuti & Sari N 2018 Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Jurnal Pendidikan Matematika 12(2) pp 73-80.

Lisnawati N 2017 Analisis Kesalahan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pokok Bahasan Operasi Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA).

Indariani A, Ayni N, Pramuditya S A, & Noto M S 2019 Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3(1) pp1-12.

Lubis M S, Syahrul R, & Juita N 2014 Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran 2(1).

Sumartini T S 2016 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Vol. 8 No. 3.

Susanti D, Basri H, Relawati 2019 Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Take And Give Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4 No 1.

Sugiyono 2014 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Miles Mattew B, & A. Michael Huberman 1984 Qualitative Data Analysis (London : Sage Publication. 1984)

Satori, Djam’an & Komariah, Aan 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta.h. 83)

McNeil John 1985 Curriculum, A Comprehensive Introduction (Boston: Little, Brown and Company).

R. Morrison, Gary, Steven M. Ross, Jerrold E. Kemp; Designing Effective Instruction, USA: John Wiley and Sons, inc.th.

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prianto A 2014 Kajian Materi Aljabar dan Komunikasi Matematis Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 2. ISSN2407-7925.

Krismanto A 2009 Modul Matematika SMP Program Bermutu Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar di Kelas VII SMP (Sleman: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.