EVALUASI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI DAN NEW NORMAL DI SD N 2 DALEMAN

Irwan Sanu Wibowo, Satrianawati Satrianawati

Abstract


Perpindahan pembelajaran yang semula dari pembelajaran daring yang hanya dirumah saja menjadi era new normal atau tatap muka di sekolah menuntut guru untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana evaluasi peningkatan kualitas pembelajaran selama masa pandemi dan new normal di SD N 2 Daleman.

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Dimana penulis menggunakan metode deskriptif untuk memaparkan hasil penelitian. Penulis mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 2 orang, kepala sekolah dan 10 siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran, guru menggunakan metode blended learning dimana mencampurkan metode tradisional dan digital. Penerapan pembelajaran lingkungan sekitar digunakan dan penggunaan alat peraga untuk mendukung pembelajaran agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Kepala sekolah rutin melakukan supervisi kepada guru guna meningkatkan kualitas guru dan memberikan kesempatan untuk belajar IT. Masalah yang dihadapi selama pandemi adalah penerapan metode dan media, sedangkan selama new normal guru mengalami kendala dalam membangkitkan semangat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education. 1(1), 131.

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821.

Amalia Rizki & Sakina Zakiya. (2022). Problematika Pembelajaran Era New Normal pada Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah. UIN Maulana Malik Ibrahim. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 774-780.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Ariyani, et al. (2020). Implementasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran 2(2), 17-28.

Asrul. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Citapusaka Media.

Covid19.go.id. (2020). Tanya Jawab Apa Yang Dimaksud Pandemi.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta

Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitan Kualitatif. Mitra Pustaka.

Fatimah, S. (2017). Pembelajaran di Era New Normal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fatmawati, F. A., & Lilawati, R. A. (2021). Kesiapan Anak Kembali Ke Sekolah Di Era New Normal. Jurnal Abdi Populika, 2(2), 119–125.

Fitriyani, et al. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-175

Hadi, S. (1987). Metodologi Research II. Andi Offset.

Haryati, & Rochman. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Project Citiz enship). Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2).

Janah, R. F. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sistem Daring Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Al-Ittihad Dukuhbenda Desa. IAIN Purwokerto.

Jayanti, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 di TK Sartika II Sumurgenuk Babat Lamomgan.

Surat Edaran No.4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Indonesia, (2020).

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Magdalena, et al. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pembelajaran Berbasis Youtube di SDN Kamal 07. Jurnal Edukasi Sains, 3(2), 299-311.

Mamonto, S. (2021). PANDEMI COVID-19 : STRATEGI PEMBELAJARAN GURU KELAS PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA YAPIS JAYAPURA. 1(10).

Mamonto, S., & Yendra. (2020). Pandemic Covid-19 : Strategi Pembelajaran Guru Kelas Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Yapis Jayapura. G-Literasi, 1(1).

Mauliya, A. (2021). Strategi Pembelajaran Akhlak di Masa New Normal pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar melalui Model Hybrid Learning. Proceeding UMSurabaya, 1–12.

Mukhtar, 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta :Misaka Geliza.

Mukminah, Wijaya, H., & Aini, N. (2021). Analisis Kualitas Pembelajran IPS Melalui Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Tahun Pelajaran 2020 / 2021 (Vol. 1, Issue 2).

Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Gawe Buku.

Nugroho, M. R., & Hadiwinarto. (2020). Evaluasi Strategi Pembelajaran Pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau. AT-TA’LIM: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 303–316. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i2.3862

Nurboko, C., & Ahmadi, A. (1997). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Onde, M.K.LO., et al. (2021). “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar”. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 6 p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Osman, A., & Keevy, J. (2021). The Impact of Covid-19 on Education System in the Commonwealth. Commonwealth Secretariat.

Prasetyo, H. A. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Students Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Kompter Pada Siswa Kelas IV A SDN Bendan Ngisor. Universitas Negeri Semarang.

Raco, R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. PT Grasindo.

Rosyidin, U. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran. Media Akademi.

Suardipa & Primayana Hengki. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.Widyacarya, 4(2) . 88-100

Suci, R. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN DARING ERA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS II A DI SDN 3 NEGARA RATU NATAR LAMPUNG SELATAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Tarigan, A. L. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MINAS. 1(1), 1–11.

Utami Wulan Tri P, et al. (2022). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Tatap Muka Masa New Normal Sekolah Dasar Kecamatan Wates Awal Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5 (10), 4410-4415.

Wijoyo, H., Haryati, D., Indrawan, I., Mahdayeni, Marzuki, Rahmadhani, may vitha, Demaryani, S., Supriadi, yudi nur, Sapiun, Z., & Amelya, D. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.12928/sylection.v1i1.11644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact person:
Mr. Thoyib +62 856 3015 058 
Mr. Resnery +62 852 7899 0181
Mrs. Tristanti +62 811 1773 473

Email:
muhammad.amali@comm.uad.ac.id