UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN ASLI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Sri Subekti, Hani Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli menggunakan media gambar SD N Tambran 2 Semin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dijalankan menggunakan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan non tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian bilangan asli pada siswa meningkat. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 30,00%, akhir siklus I sebesar 60,00% dan akhir siklus II sebesar 80,00% mencapai KKM. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah 62,00, akhir siklus I 70,00 dan akhir siklus II 80,00 pada rentang skor antara 0 sampai 100.

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Supriyanto, A., & Dina, D. A. M. (2016). Media in guidance and counseling services: a tool and innovation for school counselor. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 1(1), 6-11.

Arief,S. Sadiman. (2012). Media Pendidkan. (Jakarta:Raja Grafindo Persada).

Aries, E. & Haryono, A. (2012). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Malang: Aditya Media Publishing.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Garain, D. N. & Kumar, Sanjeev. (2018). Japanese vs Vedic Methods for Multiplication, International Journal of Mathematics Trends and Technology, 53(3), 228-235.

Musfiqon. (2012). Pengemabangan Media & Sumber Pembelajaran. (Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya).

Rostina,Sundayana. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. (Bandung: Alfabeta).

Rusmania, Nia. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Ali dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul, Skripsi (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta).

Setiyowati, Rina. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung, Artikel Ilmiah (Jambi: Universitas Jambi)

Sri,Widiawati. (2013). Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Dan Pembagian Dengan Tema Kerjasama. Skripsi (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia).

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukayati & Marfuah. (2009). Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pecahan di SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.