UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD PUNGKURAN PLERET BANTUL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Problem Based Learning model. This research is a Classroom Action Research. The research setting takes place
at Pungkuran Elementary School. Research subjects were students of Class V SD Pungkuran totaling 12
students consisting of 4 boys and 8 girls. Data collection techniques used observation and documentation. The
data analysis technique used is descriptive quantitative.The results showed that by using the Problem Based
Learning model, there was an increase in student learning activity. This is evidenced by the increase in the
average percentage of 8 indicators of learning activity. student learning activity increased by 13.97% from
70.41% to 84.38%.
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 246-258.
Alhadi, S., Kurniawan, S. J., & Wahyudi, A. (2020, December). Pengembangan Skala
Kebersyukuran: Antara Peluang dan Tantangan. In Seminar Nasional Daring IIBKIN
(pp. 13-18).
Ghiffar, M. A. N., Nurisma, E., Kurniasih, C., & Bhakti, C. P. (2018). Model pembelajaran
berbasis blended learning dalam meningkatkan critical thinking skills untuk
menghadapi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi
Matappa Pangkep (Vol. 1, No. 1, pp. 85-94
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardi Prasetiawan, Kusno Effendi, & Shopyan Jepri Kurniawan. (2020). MEDIA KOMIK
BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI SOSIAL. PD
ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65-75.
https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.86
Ibrahim, M, dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas
Negeri Surabaya.
Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction): Apa, Bagaimana,
dan Contoh pada Sub Pokok Bahasan Statistika. Surabaya.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan,Model Pembelajaran Berbasis Masalah,(Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan
Mutu Pendidikan.
Pramudya, Erviyanti, dkk (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada
Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Universitas Kristen Satya Wacana .
Salatiga. Diakses dari
http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/download/391/386/1499
pada 25 Mei 2021
Pamungkas, Andika Dinar (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD.
Universitas Kristen Satya Wacana . Salatig. Diakses dari
https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/268 pada 27 Mei 2021
Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.
Malang
Miftakhul Huda, M.Pd, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Bandung: Pustaka
Pelajar. cet :II hal.272
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Surtikanti dan Santoso. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Suyanti, Dwi Retno. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.