UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD PUNGKURAN PLERET BANTUL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Rofiana Rofiana, Aris Thobirin, Wahyu Hastini

Abstract


This study aims to increase the learning activity of fifth graders at Pungkuran Elementary School through the
Problem Based Learning model. This research is a Classroom Action Research. The research setting takes place
at Pungkuran Elementary School. Research subjects were students of Class V SD Pungkuran totaling 12
students consisting of 4 boys and 8 girls. Data collection techniques used observation and documentation. The
data analysis technique used is descriptive quantitative.The results showed that by using the Problem Based
Learning model, there was an increase in student learning activity. This is evidenced by the increase in the
average percentage of 8 indicators of learning activity. student learning activity increased by 13.97% from
70.41% to 84.38%.

Full Text:

PDF

References


Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 246-258.

Alhadi, S., Kurniawan, S. J., & Wahyudi, A. (2020, December). Pengembangan Skala

Kebersyukuran: Antara Peluang dan Tantangan. In Seminar Nasional Daring IIBKIN

(pp. 13-18).

Ghiffar, M. A. N., Nurisma, E., Kurniasih, C., & Bhakti, C. P. (2018). Model pembelajaran

berbasis blended learning dalam meningkatkan critical thinking skills untuk

menghadapi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional STKIP Andi

Matappa Pangkep (Vol. 1, No. 1, pp. 85-94

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardi Prasetiawan, Kusno Effendi, & Shopyan Jepri Kurniawan. (2020). MEDIA KOMIK

BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI SOSIAL. PD

ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 65-75.

https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.86

Ibrahim, M, dan Nur, M. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas

Negeri Surabaya.

Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction): Apa, Bagaimana,

dan Contoh pada Sub Pokok Bahasan Statistika. Surabaya.

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan,Model Pembelajaran Berbasis Masalah,(Badan

Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan

Mutu Pendidikan.

Pramudya, Erviyanti, dkk (2019). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada

Pembelajaran Tematik Menggunakan PBL. Universitas Kristen Satya Wacana .

Salatiga. Diakses dari

http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/download/391/386/1499

pada 25 Mei 2021

Pamungkas, Andika Dinar (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD.

Universitas Kristen Satya Wacana . Salatig. Diakses dari

https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/268 pada 27 Mei 2021

Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang.

Malang

Miftakhul Huda, M.Pd, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Bandung: Pustaka

Pelajar. cet :II hal.272

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-ruzz Media.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surtikanti dan Santoso. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Suyanti, Dwi Retno. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.