UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN DENGAN TEKNIK MOZAIK ANAK KELOMPOK B1 TK ABA I IMOGIR
Abstract
mosaic technique in group B1 TK ABA I Imogiri children. This type of research is classroom action research
which is carried out in 3 cycles. Each cycle consists of stages of planning, implementation, observation and
reflection. The subjects of the study were 13 ABA I Imogiri Kindergarten children consisting of 7 boys and 6 girls.
Research data on efforts to improve eye and hand coordination were collected using observation sheets. Data
analysis used descriptive quantitative. The results showed an increase in eye and hand coordination in TK ABA I
Imogiri with the mosaic technique. this can be seen from the initial conditions of children in Very Well Developed
children, the results in Cycle 1 are 20%, cycle II is 50% and has increased in Cycle III by 80%. From this study,
it can be concluded that the ability of eye and hand coordination in Group B1 TK ABA I Imogiri children increased
80% with the mosaic technique. Based on the results of the study, it can be said that the mosaic technique can
improve the ability of eye and hand coordination in the group of B1 TK ABA I Imogiri children.
Full Text:
PDFReferences
Asih Mila, Muhammad Ali, Indri Astuti. Jurnal tentang Peningkatan Kreativitas melalui
Teknik Mozaik dengan Media Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun. PG-PAUD FKIP
Universitas Tanjungpura Pontianak.
Bhakti, C. P., & Rahman, F. A. 2017. Implementasi Tarbiyah Project Berbasis Peer
Counseling: Alternatif Solusi Perilaku Candu Pornografi. In Prosiding Seminar
Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 1, pp. 104-114
Fridani Lara, dkk. 2016. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini (Edisi kesatu, cetakan
kedelapan belas). Banten: Universitas Terbuka
Hadiatmojo, Supardi, 1990. Sejaran Seni Rupa Eropa. Semarang Press, Semarang
Montolalu, dkk. 2014. Bermain dan Permainan Anak (Edisi kesatu, cetakan kedelapan belas).
Banten: Universitas Terbuka.
Murdhani Galih Wisnu, Sugiharto, Soekardi.2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan
Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Free Throw Bola Basket. Semarang,
dipublikasikan Juni 2014.
Rosita Maya, 2018. Jurnal tentang Penggunaan Teknik Mozaik dalam Mengembangkan
Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari
Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sujiono Banbang, dkk. 2014. Metode Pengembangan Fisik (Edisi kesatu, cetakan kedelapan
belas). Banten: Universitas Terbuka.
Salim Sandora, 2017. Jurnal tentang Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik
Mozaik pada Anak Usia 5-6 tahun. Universitas Tanjung Pura Pontianak.
Silviana Winda, 2019. Jurnal tentang Implementasi mengembangkan Motorik Halus Anak
Usia 5-6 Tahun Di PAUD mandiri I Desa Hargo Pancuran Lampung. Universitas Islam
Negeri Raden Intan.
Sutanti, T. (2017). Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Simbolik Model Sebagai Alternatif
Solusi Untuk Meningkatkan Empati Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar
Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 369-380).
Tuntari Whinda, 2014. Jurnal tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata
dan Tangan melalui Kegiatan menggunting dengan berbagai Media pada Anak
Kelompok A di TK ABA Karangmalang. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wardhani Igak & Wihardit Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi kesatu, cetakan
kedua puluh satu). Banten: Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.