UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI MATA DAN TANGAN DENGAN TEKNIK MOZAIK ANAK KELOMPOK B1 TK ABA I IMOGIR

Nala Ratih, Hadi Suyono, Maryanti Maryanti

Abstract


This study aims to determine the improvement of fine motor skills, namely eye and hand coordination with the
mosaic technique in group B1 TK ABA I Imogiri children. This type of research is classroom action research
which is carried out in 3 cycles. Each cycle consists of stages of planning, implementation, observation and
reflection. The subjects of the study were 13 ABA I Imogiri Kindergarten children consisting of 7 boys and 6 girls.
Research data on efforts to improve eye and hand coordination were collected using observation sheets. Data
analysis used descriptive quantitative. The results showed an increase in eye and hand coordination in TK ABA I
Imogiri with the mosaic technique. this can be seen from the initial conditions of children in Very Well Developed
children, the results in Cycle 1 are 20%, cycle II is 50% and has increased in Cycle III by 80%. From this study,
it can be concluded that the ability of eye and hand coordination in Group B1 TK ABA I Imogiri children increased
80% with the mosaic technique. Based on the results of the study, it can be said that the mosaic technique can
improve the ability of eye and hand coordination in the group of B1 TK ABA I Imogiri children.

Full Text:

PDF

References


Asih Mila, Muhammad Ali, Indri Astuti. Jurnal tentang Peningkatan Kreativitas melalui

Teknik Mozaik dengan Media Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun. PG-PAUD FKIP

Universitas Tanjungpura Pontianak.

Bhakti, C. P., & Rahman, F. A. 2017. Implementasi Tarbiyah Project Berbasis Peer

Counseling: Alternatif Solusi Perilaku Candu Pornografi. In Prosiding Seminar

Bimbingan dan Konseling. Vol. 1, No. 1, pp. 104-114

Fridani Lara, dkk. 2016. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini (Edisi kesatu, cetakan

kedelapan belas). Banten: Universitas Terbuka

Hadiatmojo, Supardi, 1990. Sejaran Seni Rupa Eropa. Semarang Press, Semarang

Montolalu, dkk. 2014. Bermain dan Permainan Anak (Edisi kesatu, cetakan kedelapan belas).

Banten: Universitas Terbuka.

Murdhani Galih Wisnu, Sugiharto, Soekardi.2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan

Koordinasi Mata Tangan terhadap Hasil Free Throw Bola Basket. Semarang,

dipublikasikan Juni 2014.

Rosita Maya, 2018. Jurnal tentang Penggunaan Teknik Mozaik dalam Mengembangkan

Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari

Kabupaten Lampung Tengah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sujiono Banbang, dkk. 2014. Metode Pengembangan Fisik (Edisi kesatu, cetakan kedelapan

belas). Banten: Universitas Terbuka.

Salim Sandora, 2017. Jurnal tentang Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik

Mozaik pada Anak Usia 5-6 tahun. Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Silviana Winda, 2019. Jurnal tentang Implementasi mengembangkan Motorik Halus Anak

Usia 5-6 Tahun Di PAUD mandiri I Desa Hargo Pancuran Lampung. Universitas Islam

Negeri Raden Intan.

Sutanti, T. (2017). Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Simbolik Model Sebagai Alternatif

Solusi Untuk Meningkatkan Empati Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar

Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 369-380).

Tuntari Whinda, 2014. Jurnal tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata

dan Tangan melalui Kegiatan menggunting dengan berbagai Media pada Anak

Kelompok A di TK ABA Karangmalang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardhani Igak & Wihardit Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi kesatu, cetakan

kedua puluh satu). Banten: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.