UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA MEISTERY BOX PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KURIPAN LOMBOK BARAT TAHUN 2021
Abstract
karir untuk masa depan. Hasil observasi dari bulan Juli Agustus 2021 menunjukkan rendahnya pemahaman peserta
didik tentang perencanaan karir untuk masa mendatang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana
peningkatkan perencanaan karir peserta didik.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Yang bebas (x) dalam penelitian ini adalah layanan klasikal Mistery Box sedangkan variabel
menggunakannya (y) adalah perencanaan karir. Penelitian tindakan ini memilikiempat tahapan yaitu perencanaan,
pengamatan, dan refleksi. Penelitan ini dilaksanaan dalam janga watu satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan perencanaan karir siswa melalui layanan klasikal dari awal pada kategori baik dengan
presentase sebesar 50% menuju kategori sangat baik dengan presentase sebesar 75 %. Maka dari pelaksanaan
penelitian yang dilakukan dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan berhasil. Disarankan bagi
guru BK untuk menggunakan Media Mistery Box dalam melasanakan layanan sesuai kebutuhan guru BK.
Full Text:
PDFReferences
Alhadi, S., Supriyanto, A., & Dina, D. A. M. (2016). Media in guidance and counseling services:
a tool and innovation for school counselor. SCHOULID: Indonesian Journal of School
Counseling, 1(1), 6-11.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi.
Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93-106
Barida, M., & Widyastuti, D. A. (2020, November). Peningkatan kompetensi guru bimbingan
dan konseling dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dan konseling
kelompok. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, No. 1, pp. 851-858).
Kurniawan, S. J., Kumara, A. R., & Bhakti, C. P. (2019, November). Strategi layanan
perencanaan individual untuk mengembangkan work readiness pada siswa SMK.
In Seminar Nasional Pendidikan (Sendika) (Vol. 3, pp. 109-116).
Prayitno & Amti, E. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta, Jakarta
Prasetiawan, H. (2017). Optimalisasi Multimedia dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.
Dalam Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling(Vol. 1, hal. 199–204)
Oktradiksa, A., Bhakti, C. P., Kurniawan, S. J., & Rahman, F. A. (2021). Utilization artificial
intelligence to improve creativity skills in society 5.0. In Journal of Physics: Conference
Series (Vol. 1760, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional
competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal
Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.
Kartadinata, S. (2010). Isu-Isu Pendidikan: Antara Harapan Dan Kenyataan.Bandung : UPI
Press.
Wibowo, M. E. (2018). Profesi Konseling Abad 21
Refbacks
- There are currently no refbacks.