PENINGKATAN MINAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA POWERPOINT DI KELAS I SD NEGERI 1 DEMANGDARI

Yuni Purwa Riyaningsih, Anggit Prabowo, Sumaryatun Sumaryatun

Abstract


Siswa kelas I sekolah dasar masih dalam tahap membaca permulaan. Penyebab rendahnya minat belajar membaca
permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Demangsari adalah media pembelajaran kurang menarik. Guru
menggunakan media papan tulis untuk pembelajaran membaca. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan minat belajar membaca permulaan melalui media powerpoint. Media powerpoint
dipilih sebagai alternatif penyampaian materi bacaan dengan tampilan tulisan yang menarik dan tambahan animasi
suara. Subyek penelitian berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data melalui lembar observasi, angket, dan
dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada prasiklus, rata-rata skor minat belajar
16,5 dengan kategori rendah. Pada siklus I, rata-rata skor minat belajar meningkat menjadi 23,28 dengan kategori
cukup. Pada siklus II, rata-rata skor minat belajar meningkat lagi menjadi 26,25 dengan kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan minat
belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Demangsari

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S dkk., 1993. Bahasa Indonesia I. Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Anitah W, Sri dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto.2013. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus`Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Jalil, Abdul, Zuleha MS, & Kusnandar. 2005. Perkembangan dan Perolehan

Miles, M.B dan Huberman, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep

Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Pers.

Nashar. 2014. Peranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta:

Delia Press.

Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT.Indeks

Santosa, Puji. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional

competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal

Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64

Zubaidah, Enny. 2013. Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara

Mengatasinya. (Online) (http://uny.ac.id. diakses pada tanggal 9 Desember 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.