PENINGKATAN MINAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA POWERPOINT DI KELAS I SD NEGERI 1 DEMANGDARI
Abstract
permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Demangsari adalah media pembelajaran kurang menarik. Guru
menggunakan media papan tulis untuk pembelajaran membaca. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan
tujuan untuk meningkatkan minat belajar membaca permulaan melalui media powerpoint. Media powerpoint
dipilih sebagai alternatif penyampaian materi bacaan dengan tampilan tulisan yang menarik dan tambahan animasi
suara. Subyek penelitian berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data melalui lembar observasi, angket, dan
dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada prasiklus, rata-rata skor minat belajar
16,5 dengan kategori rendah. Pada siklus I, rata-rata skor minat belajar meningkat menjadi 23,28 dengan kategori
cukup. Pada siklus II, rata-rata skor minat belajar meningkat lagi menjadi 26,25 dengan kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan minat
belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Demangsari
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S dkk., 1993. Bahasa Indonesia I. Departemen Pendidikan dan kebudayaan
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Anitah W, Sri dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto.2013. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus`Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Jalil, Abdul, Zuleha MS, & Kusnandar. 2005. Perkembangan dan Perolehan
Miles, M.B dan Huberman, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep
Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Pers.
Nashar. 2014. Peranan Motivasi dan Kemampua awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta:
Delia Press.
Putra, R. Masri Sareb. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT.Indeks
Santosa, Puji. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional
competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal
Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64
Zubaidah, Enny. 2013. Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara
Mengatasinya. (Online) (http://uny.ac.id. diakses pada tanggal 9 Desember 2021).
Refbacks
- There are currently no refbacks.