MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELLAUI MEDIA KATALOG BILANGAN

Reza Sahana Dewi, Riana Mashar, Eri Mustiah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dari peneliti bahwa masih rendahnya kemampuan kognitif anak
dalam mencocokan lambang bilangan dengan jumlah bilangan 1-10 di TK Dharma Wanita 2 Kemaduh Kecamatan
Baron Kabupaten Nganjuk. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah Model pembelajaran yang
digunakan guru dalam mengajar masih menggunakan model pembelajaran konvensional, guru belum
menggunakan pendekatan pembelajaran abad 21, keterbatasan media pembelajaran yang digunakan guru, guru
kurang interaktif saat memberikan pembelajaran, media Pembelajaran yang digunakan hanya sebatas gambar dan
kurang menarik perhatian anak, anak belum terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran mengenal angka, dari
5 anak dalam kegiatan menunjukkan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda yang disediakan kebanyakan
semua anak masih mengalami kesulitan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan
kemampuan kognitif anak melalui media kantong bilangan pada kelompok A di TK Dharma Wanita 2 Kemaduh
Tahun Pelajaran 2021/2022? Dan Apa upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak
melalui media kantong bilangan terhadap kemampuan kognitif pada kelompok A di TK Dharma Wanita 2
Kemaduh Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek
penelitian adalah anak kelompok A di Taman kanak-kanak Dharma Wanita kemaduh Kecamatan Baron Kabupaten
Nganjuk. Penelitian dilaksakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian adalah meningkatnya kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK
Dharma Wanita Kemaduh Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk dapat dilihat dari rata-rata kemampuan kognitif
anak pada kondisi awal sebesar 35%, meningkat pada siklus I menjadi 50%, pada siklus II mencapai 75% dan
pada siklus III mencapai 95%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan tujuan pokok
penggunaan media kantong bilangan adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mencocokan
lambang bilangan dengan jumlah bilangan 1-10

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Agus Dwi, W., & Pujiadi, P. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan guru

matematika sma terintegrasi penguatan pendidikan karakter: i kelompok kompetensi.

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk)

Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan

Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Nurani, N. (2014). Pengaruh Komunikasi Internal dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan

Kerja Karyawan Bagian Pulp Machine Pada PT Indah Kiat Pulp & Paper TBK

Perawang Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Riau).

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). GUIDANCE AND COUNSELING

COMPREHENSIF PROGRAM IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION BASED

ON DEVELOPMENTAL TASK. Jurnal CARE (Children Advisory Research and

Education), 3(3), 95-103

Setiawan, W., & Aprianti, E. (2018). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui

Biblioterapi Anak Usia Dini Kelompok A di Kober Warna Plus. Jurnal Ceria, 1(4),

-15.

Supriyanto, A., Hartini, S., Irdasari, W. N., Miftahul, A., Oktapiana, S., & Mumpuni, S. D.

(2020). Teacher professional quality: Counselling services with technology in

Pandemic Covid-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(2), 176-189.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional

competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal

Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.