PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TEMPURAN KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG

Wahyu Adita Fatma, Puguh Wahyu Prasety, Sujimin Sujimin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas I SD
Muhammadiyah Tempuran, Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya
adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Tempuran, Magelang yang berjumlah 20 siswa. Desain PTK
menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase prestasi belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan
KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan 35%, pada siklus I sebesar 65%,
sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Begitu juga motivasi siswa dari siklus I juga mengalami kenaikan pada
siklus II. Dari siklus I rata-rata indikator motivasi 67,7% pada siklus II menjadi 81,8%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran
Tematik dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Anwar, K., & Khairina, S. L. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model

Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Ipa Materi Pokok Zat Dan

Wujudnya Di Kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara T.P. 2013/2014. Jurnal

Pendidikan , 1(1), 164–181.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Falestin, Y., & Ulfa, L. F. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi Melalui Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA

Negeri 6 Surakarta. In Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan yang

Berkelanjutan (pp. 192–207).

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi

dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1),

-106.

Listianita, N. (2017). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model

Improve Berbantuan Program Wingeom pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri

Gintungan Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Pendidikan Matematika (Doctoral

dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP).

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan

Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912-3919.

Saputra, W. N. E., Wahyudi, A., Supriyanto, A., Muyana, S., Rohmadheny, P. S., Ariyanto, R.

D., & Kurniawan, S. J. (2021). Student Perceptions of Online Learning during the

COVID-19 Pandemic in Indonesia: A Study of Phenomenology. European Journal of

Educational Research, 10(3), 1515-1528.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa

kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional

competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal

Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Zainuddin. 2008. Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen

Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.