Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar
Abstract
thinking, creatifity, communitation, collaboration dan higer order thinking skill (HOTS). Namun pada
kenyataanya pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru masih sering mengajar dengan cara yang monoton.
Selain itu, pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 juga membuat siswa cenderung pasif saat
pembelajaran tatap muka terbatas. Hal tersebut membuat pembelajaran tidak efektif dan hasil belajar rendah.
Berdasarkan permasalahan tersbut diperlukan penggunaan model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based
Learning pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur keaktifan dan instrument tes untuk
mengukur hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif. Indikator
keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata keaktifan kelas mencapai 70% dan ketuntasan hasil belajar di
dalam kelas mencapai 70%. Pada siklus I rata-rata keaktifan baru mencapai 62,75% dan rata-rata ketuntasan hasil
belajar baru mencapai 65%. Pada Siklus II diperoleh data rata-rata keaktifan kelas mencapai 82,9% dan rata-rata
ketuntasan hasil belajar mencapai 85%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Dimyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi
dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-
Oktradiksa, A., Bhakti, C. P., Kurniawan, S. J., & Rahman, F. A. (2021). Utilization artificial
intelligence to improve creativity skills in society 5.0. In Journal of Physics: Conference
Series (Vol. 1760, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.
Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu untuk
Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Seng, O.T. 2003. Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in
𝑠𝑡 Century. Singapore: Thompson Learning
Shoimin, Aris. 2014. “68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013”. Yoyakarta :
Ar-ruzz Media.
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional
competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal
Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.
Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.